Sutame, Ketut (2012) Keefektifan Pendekatan Problem Posing dan Pendekatan Problem Solving ditinjau dari Kemampuan Menyelesaikan Masalah dan Kecemasan Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sewon Bantul pada Materi Trigonometri. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-ketut-sutame-10709259007.swf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan: 1) pendekatan problem posing dan problem solving ditinjau dari kemampuan menyelesaikan masalah matematika dan kecemasan matematika; 2) pendekatan problem posing dibandingkan dengan pendekatan problem solving ditinjau dari kemampuan menyelesaikan masalah dan kecemasan matematika. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu. Populasi penelitian mencakup semua siswa regular kelas X SMA Negeri 1 Sewon Bantul. Sampel diambil dua kelas secara acak dari pupolasi. Kelas yang diperoleh adalah kelas XC dan XD. Kelas XC diberi perlakuan dengan pendekatan problem solving dan kelas XD dengan pendekatan problem posing. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Validitas instrumen non tes yang digunakan adalah validitas isi dan konstruk sedangkan instrumen tes menggunakan validitas isi. Validitas konstruk non tes menghasilkan 12 faktor dan SEM sebesar 4,58. Rata-rata penilaian para eksper pada instrumen tes adalah valid sedangkan SEM sebesar 1,12. Untuk mengetahui keefektifan dari pendekatan problem posing dan problem solving pada masing-masing variabel, data dianalisis dengan menggunakan statistik uji one sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untuk membandingkan keefektifan pendekatan problem posing dan problem solving, data dianalisis secara multivariat dengan statistik uji T^2 Hotelling pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan problem posing dan problem solving tidak efektif ditinjau dari kemampuan menyelesaikan masalah; 2) pendekatan problem posing dan problem solving efektif ditinjau dari kecemasan matematika; 3) terdapat perbedaan pendekatan problem posing dan problem solving ditinjau dari kemampuan menyelesaikan masalah dan kecemasan matematika. 4) pendekatan problem posing lebih unggul dibandingkan dengan pendekatan problem solving ditinjau dari kemampuan menyelesaikan masalah; 5) pendekatan problem posing dan problem solving memberikan efek yang sama ditinjau dari kecemasan matematika.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan problem posing, pendekatan problem solving, kemampuan menyelesaikan masalah, kecemasan matematika |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 06:35 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 08:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35106 |
Actions (login required)
View Item |