LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 2015 SD NEGERI SINDUADI 1 MLATI SLEMAN

AGUS SETIAWAN, AGUS SETIAWAN (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 2015 SD NEGERI SINDUADI 1 MLATI SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
AGUS SETIAWAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah praktek yang dilaksanakan dalam rangka untuk mengimplementasikan salah satu TRI DARMA perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Program kegiatan PPL ini terintegrasi dan saling mendukung satu dengan lainnya untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Kegiatan PPL berlangsung dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015 di SD Negeri Sinduadi 1 Jl. Magelang, Km. 06 Karanganyar No. 59 A Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. SD Negeri Sinduadi memiliki kelas paralel mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 dan memiliki jumlah siswa 357 siswa yang terdiri dari 182 laki-laki dan 175 perempuan. Siswa siswi SD Negeri Sinduadi 1 sebagian besar berasal dari sekitar wilayah Sinduadi. Kelompok PPL di SD Negeri Sinduadi 1 sebanyak 12 mahasiswa yang terdiri dari 8 mahasiswa PGSD guru kelas dan 4 mahasiswa PGSD Penjas. Setiap mahasiswa melakukan kegiatan praktek mengajar sesuai program studi dan kegiatan non-mengajar. Setiap individu melakukan praktek mengajar yang berbeda sesuai program studi dan jadwal mata pelajaran. Adapun kegiatan praktek mengajar meliputi mengajar terbimbing, mengajar mandiri, ujian mengajar, serta memberikan les tambahan. Kegiatan non-mengajar meliputi administrasi sekolah, lomba 17-an dan Haornas, serta jalan sehat. Mahasiswa diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga, dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program baik program pembelajaran di dalam kelas maupun program-program pendukung lainnya. Melalui program tersebut mahasiswa akan mengeksplorasi suatu pembelajaran menjadi lebih bermakna dengan inovasi dan penggunaan metode serta model pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan tujuan pembelajaran. Secara kesluruhan kegiatan mengajar dan non-mengajar berjalan dengan baik, hanya saja membutuhkan penyesuaian kondisi siswa dan sekolah. Dalam pelaksanaan PPL adanya kerjasama antara mahasiswa dan guru sangat membatu tmahasiswa dalam kegiatan PPL. Program PPL memberikan banyak pengalaman yang nyata kepada mahasiswa PGSD dalam kegiatan pembelajaran di SD. Setelah dilaksanakannya program PPL ini mahasiswa diharapkan lebih peka terhadap permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran dan memiliki tingkat kepedulian yang tinggi terhadap permasalahan tersebut untuk memecahkannya. Selain itu kepribadiannya sebagai seorang calon pendidik menjadi lebih matang sehingga dapat mempersiapkan diri untuk menjadi seorang pendidik yang professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY, SD Negeri Sinduadi 1, program, individu
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 22 Jun 2016 05:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35089

Actions (login required)

View Item View Item