Pengembangan Perangkat Pembelajaran Multilevel dengan Pendekatan Problem-Solving untuk Meningkatkan Sikap dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Lingkaran

Mustamil, Husni (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Multilevel dengan Pendekatan Problem-Solving untuk Meningkatkan Sikap dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Lingkaran. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-husni-mustamil-10709259005.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan problem-solving yang layak digunakan untuk meningkatkan sikap dan prestasi belajar matematika siswa dengan kemampuan yang berbeda pada materi Lingkaran. Produk terdiri dari silabus, RPP, dan LKS multilevel. Kualitas dan kelayakan produk mengacu pada kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan menurut Nieveen. Prosedur pengembangan mengadaptasi model penelitian pengembangan Borg & Gall dan dimodifikasi dalam lima tahap pengembangan, meliputi tahap: studi pendahuluan, pengembangan produk awal, validasi, uji coba, dan revisi produk akhir. Validasi dilakukan oleh tiga orang ahli. Tahap uji coba dilakukan dalam dua langkah uji coba. Uji coba pendahuluan dilaksanakan pada satu kelas di SMPN 1 Piani dan uji coba operasional pada dua kelas uji coba di SMPN 1 dan SMPN 2 Piani Kabupaten Tapin. Instrumen pengumpulan data meliputi: lembar validasi, penilaian guru, dan pendapat siswa, angket sikap matematika, dan naskah soal pretes-postes. Data berupa skor standar dianalisis dengan menggunakan patokan acuan norma. Data berupa komentar dan saran dianalisis secara deskriptif kualitatif dan disimpulkan sebagai bahan revisi produk. Data tes hasil belajar dianalisis dengan penilaian acuan patokan. Penelitian menghasilkan sebuah produk perangkat pembelajaran matematika multilevel dengan pendekatan problem-solving yang layak digunakan. Kelayakan produk didasarkan pada hasil validasi yang menggolongkan produk sangat valid dan hasil uji coba yang menunjukkan bahwa produk sangat praktis serta efektif dalam meningkatkan sikap dan prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, problem-solving, LKS multilevel, sikap matematika, prestasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:25
Last Modified: 29 Jan 2019 08:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35087

Actions (login required)

View Item View Item