PENINGKATAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PERENCANAAN RANGKAIAN KENDALI ELEKTRONIK SEDERHANA MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TITL SMK N 2 KLATEN

Ika, Kurniasari (2016) PENINGKATAN PENCAPAIAN KOMPETENSI PERENCANAAN RANGKAIAN KENDALI ELEKTRONIK SEDERHANA MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TITL SMK N 2 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
09518244019_IKA KURNIASARI_SKRIPSI.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran inkuiri dengan media berbasis komputer berupa software Proteus untuk mencapai kompetensi perencanaan rangkaian kendali elektronik sederhana siswa kelas X program keahlian teknik instalasi tenaga listrik SMKN 2 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode pembelajaran inkuiri yang dilakukan dalam beberapa siklus. Setiap siklus penelitian terdiri dari tiga pertemuan dengan empat tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen pretest dan posttest untuk mengetahui pencapaian aspek kognitif siswa, lembar observasi afektif untuk mengetahui pencapaian aspek afektif siswa serta lembar observasi psikomotorik untuk mengetahui pencapaian aspek psikomotorik siswa. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif antara lain nilai rata-rata dan persentase. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk masing-masing indikator baik kognitif, afektif, dan psikomotorik adalah 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkannya metode pembelajaran inkuiri dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis komputer berupa software Proteus, pencapaian kompetensi siswa pada standar kompetensi perencanaan rangkaian kendali elektronik sederhana mengalami peningkatan. Pada siklus pertama peningkatan yang terjadi adalah sebesar 71,06% pada aspek kognitif, 56,32% pada aspek afektif, dan 65,68% pada aspek psikomotorik. Peningkatan pada siklus pertama belum mencapai indikator keberhasilan. Sedangkan pada siklus ke dua peningkatan yang terjadi adalah sebesar 82,35% pada aspek kognitif, 79,95% pada aspek afektif, dan 91,17% pada aspek psikomotorik. Peningkatan pada siklus ke dua sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan. Kata kunci : kompetensi, inkuiri, Proteus.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Jun 2016 02:40
Last Modified: 30 Jan 2019 09:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35063

Actions (login required)

View Item View Item