LAPORAN KEGIATAN PPL LOKASI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA (DISDIKPORA) KABUPATEN MAGELANG JUDUL: ANALISIS PENYELENGGARAAN UJIAN SEKOLAH DITINGKAT SD/MI/SLDB SE-KABUPATEN MAGELANG

DEVI FITRIANA, DEVI FITRIANA (2015) LAPORAN KEGIATAN PPL LOKASI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA (DISDIKPORA) KABUPATEN MAGELANG JUDUL: ANALISIS PENYELENGGARAAN UJIAN SEKOLAH DITINGKAT SD/MI/SLDB SE-KABUPATEN MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
8. 12110241030 - DEVI FITRIANA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Seiring perkembangan zaman, sistem pendidikan telah mengalami perubahan, baik dari segi peningkatan kualitas guru, kurikulum maupun peserta didik. Dalam peningkatan kualitas peserta didik, khususnya dalam evaluasi pembelajaran, perlu diberlakukan Ujian Sekolah. Sejalan dengan hal tersebut, penyelenggaraan Ujian Sekolah ini tak lepas dari perencanaan dan persiapan yang dilakukan oleh tiap-tiap lembaga pendidikan. Sukses tidaknya pelaksanaan ujian bergantung pada bagaimana persiapan dilakukan secara matang oleh semua pihak dan sarana prasarana yang memenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyelenggaraan Ujian Sekolah di tingkat SD/MI di Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kabupaten Magelang. Subjek dalam penelitian ini adalah Staff Bidang Pendidikan Dasar Sekolah Dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumen. Dari hasil penelitian dapat diperoleh data bahwa dalam proses penyelenggaraan Ujian Sekolah 2015, pemerintah dan satuan pendidikan harus menyiapkan, menyusun, menetapkan dan merakit paket soal dengan ketentuan bahwa, 25% paket soal dengan melibatkan para pendidik (satuan pendidikan) yang mewakili seluruh Kabupaten/Kota di wilayahnya. Sedangkan 75% paket soal ditetapkan oleh pemerintah provinsi dan Kantor Wilayah Kementerian Agama. Kendala dalam persiapan Ujian Sekolah 2015 di Kab. Magelang Selama pendataan pun masih terdapat kesalahan data sehingga harus direvisi dan diperbaiki. Kendala dalam pelaksanaan Ujian Sekolah 2015 di Kab. Magelang tidak ada kendala apapun, semua berjalan dengan lancar. Hanya saja jumlah peserta yang mengikuti Ujian Sekolah tidak sesuai dengan data awal. Adapun tugas dan wewenang sekolah dan dinas dalam penyelenggaraan Ujian Sekolah bahwa naskah soal 75% (tujuh puluh lima persen) kisi-kisinya ditetapkan oleh Kementerian dengan melibatkan para pendidik dari SILN di wilayahnya. Mengambil 25% (duapuluh lima persen] paket soal dari Badan atau sekolah. Evaluasi dari hasil Ujian Sekolah ini adalah bahwa secara kualitas, pendidikan di kab. Magelang mengalami peningkatan. Dari hasil wawancara dan penilaian kuisioner, menggambarkan bahwa setiap sekolah telah mengalami peningkatan dari hasil Ujian Sekolahnya. Namun secara kuantitas, bahwa peserta Ujian Sekolah masih terdapat siswa yang belum dapat mengikuti Ujian Sekolah yang dikarenakan masih adanya siswa yang malas, anak ABK dan tidak bersekolah (bekerja).

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Ujian Sekolah, SD/MI/SDLB
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jun 2016 04:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35025

Actions (login required)

View Item View Item