LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Firman Palgunadi, Firman Palgunadi (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
HALAMAN AWAL.docx

Download (122kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (13kB)

Abstract

Selama kurang lebih 3 bulan PPL telah dilaksanakan di SMK Negeri 2 yogyakarta. Pelaksanaan PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruannya. PPL juga dilaksanakan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran. Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai ke dalam pembelajaran di sekolah. Selama kegiatan PPL dilaksanakan yaitu mulai tanggal 15 Juli sampai dengan 17 September, praktikan mendapat kesempatan praktik mengajar selama 8 kali tatap muka untuk mengajar mata pelajaran PPMO kelas XII TKR 1. Dalam mengajar, praktikan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi. Metode ceramah praktikan gunakan untuk menjelaskan konsep atau prinsip kerja suatu sistem, pengertian, dan ketika pengarahan sebelum praktik. Praktikan menggunakan media materi yang telah disusun dalam presentasi Power Point. Adapun materinya adalah sistem EFI, sistem bahan bakar diesel, dan engine tune up. Selain itu, praktikan juga sering menayangkan video mengenai cara kerja suatu sistem untuk mempermudah siswa dalam memahami cara kerja sistem. Dari program yang telah disusun, semuanya dapat berjalan dengan baik. dengan pembuatan persiapan mengajar untuk 8 kali tatap muka, kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Media yang telah dibuat oleh praktikan mempermudah siswa dalam memahami penjelasan praktikan. Kemudian, dari rencana 8 kali tatap muka yang telah dihitung, praktikan dapat memenuhi semuanya. Sehingga waktu yang telah disediakan cukup untuk melaksanakan kegaitan PPL selama 8 kali tatap muka

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Tujuan PPL, Kegiatan PPL
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 17 Jun 2016 05:04
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34964

Actions (login required)

View Item View Item