UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERMAIN PIANIKA DALAM PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER PIANIKA MENGGUNAKAN METODE DALCROZE DI SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA

Ramadhani, Miftaqul (2016) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERMAIN PIANIKA DALAM PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER PIANIKA MENGGUNAKAN METODE DALCROZE DI SMP MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
skripsi siap.pdf
Restricted to Registered users only until March 2025.

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bermain pianika dalam pembelajaran ekstrakurikuler pianika menggunakan metode Dalcroze di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan sebelumnya kurang variatif yaitu hanya sebatas mengamati dan menirukan, sehingga hal ini berdampak pada kurangnya keterampilan permainan pianika peserta didik, serta keterampilan membaca notasi musik peserta didik yang masik kurang baik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Classroom Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik pada ekstrakurikuler pianika kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes praktik dan dokumentasi.Untuk mencapai keabsahan data dalam penelitian, validitas yang dilakukan adalahvaliditas hasil, validitas proses, validitas demokratis, validitas katalitik, dan validitas dialog. Hasil penelitian menunjukanbahwa terdapat peningkatan kemampuan bermain pianikapada peserta didik yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai pada setiap siklus. Pada tindakan pra siklus, nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik adalah 60,83. Dari hasil tes siklus I peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 77,9 terjadi peningkatan sebesar 28,06%. Pada siklus II peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 82,01 yang mengalami peningkatan sebesar 5,27% dari tindakan siklus I. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Dalcroze dalam pembelajaran ekstrakurikuler pianika dapat meningkatkan kemampuan bermain pianika peserta didik kelas VIIdi SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 16 Jun 2016 08:31
Last Modified: 30 Jan 2019 09:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34911

Actions (login required)

View Item View Item