PENENTUAN TANGGA NADA LAGU BERDASAR AMBITUS SUARA SISWA DI SD KANISIUS CONDONGCATUR

Sigit (2016) PENENTUAN TANGGA NADA LAGU BERDASAR AMBITUS SUARA SISWA DI SD KANISIUS CONDONGCATUR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only until March 2025.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ambitus suara siswa kelas IV SD Kanisius dan mendeskripsikan penentuan tangga nada lagu berdasar ambitus suara siswa di SD Kanisius Condongcatur. Dengan mengetahui ambitus suara siswa dalam satu kelas, maka dapat diketahui tangga nada apa yang paling tepat untuk lagu sesuai dengan ambitus suara siswa-siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi adalah siswa kelas IV SD Kanisius dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh atau sensus yaitu seluruh siswa kelas IV SD Kanisius sebanyak 27 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tabel observasi. Adapun untuk mengetahui validitas menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan untuk mengetahui realiabilitas menggunakan inter rater reliability. Hasil penelitian menunjukkan ada 3 kriteria ambitus suara siswa yang berbeda di dalam kelas yaitu nada a-cꞌꞌ sebanyak 9 orang (33,3%), nada b-dꞌꞌ sebanyak 15 orang (55,6%) dan cꞌ-eꞌꞌ sebanyak 3 orang (11,1%). Penelitian ini menggunakan Lagu “Bagimu Negeri” dan “Lir Ilir”. Secara umum ambitus suara siswa kelas IV SD Kanisius adalah nada bes untuk nada terendah dan nada dꞌꞌ untuk nada tertinggi. Tangga nada yang dapat digunakan untuk seluruh siswa kelas IV SD Kanisius Condongcatur adalah tangga nada G pada Lagu “Bagimu Negeri” dan tangga nada Bes pada Lagu “Lir Ilir”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 16 Jun 2016 08:10
Last Modified: 30 Jan 2019 09:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34905

Actions (login required)

View Item View Item