Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bilingual pada Materi Trigonometri untuk Kelas X SMA

Diana, Erni (2012) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bilingual pada Materi Trigonometri untuk Kelas X SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-erni-diana-10709259017.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika bilingual pada materi trigonometri untuk kelas X SMA yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Jenis penelitian ini adalah research and development. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan dari Borg dan Gall yang telah dimodifikasi menjadi tiga tahapan yaitu (1) tahap studi pendahuluan, (2) tahap desain produk, dan (3) tahap pengembangan dan evaluasi. Pengembangan diawali dengan studi pendahuluan yaitu pengumpulan data dan perencanaan, kemudian desain produk, validasi ahli dan praktisi, revisi, uji coba di lapangan, dan revisi hingga mendapatkan produk akhir. Data yang dikumpulkan berupa data tentang kualitas produk yang dikembangkan dan hasil belajar siswa. Data tentang kualitas produk diperoleh dari hasil validasi ahli dan praktisi, penilaian guru dan siswa, dan observasi, sedangkan data tentang hasil belajar siswa diperoleh dari tes. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika bilingual khusus pada materi trigonometri. Perangkat tersebut terdiri dari syllabus (silabus), lesson plan (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), student worksheet (Lembar Kerja Siswa), dan achievement test (Tes Hasil Belajar). Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan kategori sangat baik, sehingga perangkat ini layak digunakan sebagai sumber belajar; 2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis dan dapat digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian guru, penilaian siswa, dan observasi keterlaksanaan model pembelajaran; 3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif berdasarkan tes hasil belajar siswa dan observasi karakter dan keterampilan sosial siswa; dan 4) perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran kooperatif layak digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, pembelajaran bilingual, model pembelajaran kooperatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2016 07:25
Last Modified: 29 Jan 2019 08:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34897

Actions (login required)

View Item View Item