LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2015) LOKASI SMA NEGERI 1 MERTOYUDAN

Adi Suprayogi, Adi Suprayogi (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2015) LOKASI SMA NEGERI 1 MERTOYUDAN. laporan ppl.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU ADI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PPL UNY di SMA Negeri 1 Mertoyudan merupakan salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh PPL UNY untuk mahasiswa UNY dalam penerapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat (dalam hal ini dunia pendidikan) yang lebih baik, Salah satunya adalah dengan pelaksanaan program PPL UNY di SMA Negeri 1 Mertoyudan tahun 2015 ini. SMA Negeri 1 Mertoyudan terletak di Jalan Pramuka,Magelang. Lokasi SMA Negeri 1 Mertoyudan berada di wilayah Kabupaten Magelangyang dekat dengan jalan raya Jogja-Magelang, sekitar 1,5 km ke arah timur. Selama pelaksanaan PPL ini mahasiswa juga diharapkan dapat terlatih kemampuannya dalam hal administrasi yang ada di lembaga sekolah, kegiatan siswa, dan guru serta ikut dalam perbaikan-perbaikan yang dilaksanakan lembaga sekolah yang bersangkutan. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan pra-PPL yaitu pembekalan yang dilakukan oleh jurusan masing-masing, pembelajaranmicro teaching guna mempersiapkan praktik mengajar, dan melakukan observasi sehingga dapat memperoleh gambaran tentang kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 1 Mertoyudan. Setelah melalui kegiatan observasi, mahasiswa dapat merumuskan berbagai program kerja yang akan dilaksanakan. Program PPL yang direncanakan oleh mahasiswa antara lain; (1) Pembuatan Perangkat Pembelajaran (Minggu Efektif, Prosem, Prota, Silabus, RPP); (2) Pembuatan Media Pembelajaran (3) Praktik mengajar; dan (4) Evalusi Pembelajaran. Serangkaian program kerja PPL SMA Negeri 1 Mertoyudan telah terlaksana dengan baik, walaupun terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya pengetahuan dalam pembuatan Perangkat Pembelajaran yang dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan Guru Pembimbing. Selain itu program mengajar di kelas memiliki tantangan juga dengan penyesuaian karakter peserta didik yang berbeda-beda, bagaimana cara menghidupkan suasana kelas agar peserta didik termotivasi untuk belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Praktek Pengalaman Lapangan UNY.UNY.
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 16 Jun 2016 02:57
Last Modified: 16 Jun 2016 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34852

Actions (login required)

View Item View Item