LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA Jl. A.M. Sangaji No.47 Yogyakart

Dini Rosita, Dini Rosita (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI: DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA Jl. A.M. Sangaji No.47 Yogyakart. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DINI ROSITA (12110241013).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Program kegiatan PPL merupakan program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan yang bertujuan mengembangkan kompetensi ahasiswa sebagai calon pendidik maupun tenaga kependidikan. PPL mempunyai sasaran dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Sebagai calon tenaga kependidikan Mahasiswa Prodi Kebijakan Pendidikan melaksanakan PPL di instansi pemerintahan yaitu Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Dalam pelaksanaan PPL ini penulis melaksanakan tugas di Bidang Pendidikan Dasar. Program Individu yang dilaksanakan adalah “Evaluasi Program peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Dasar melalui Workshop Penulisan Karya Ilmiah”. Program tersebut mempunyai tujuan untuk mengevaluasi ketercapaian tujuan program kegiatan workshop penulisan karya ilmiah. Program Kelompok dalam pelaksanaan PPL ini meliputi Analisis Peserta Didik Baru Berdasarkan Domisili dan Kepemilikan KMS serta Analisis Angka Putus Sekolah. Selain program tersebut peserta PPL juga melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan administrasi di lembaga. Evaluasi program kegiatan workshop penulisan karya ilmiah menggunakan model evaluasi Kirckpatrik. Evaluasi yang dilakukan mencakup dua tahap yaitu evaluasi reaksi dan evaluasi hasil belajar. Teknik pengumpula data menggunakan observasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan statistic sederhana dengan perhitungan rata-rata. Kegiatan analisis PPDB dan angka putus sekolah dilaksanakan secara langsung datang ke masing-masing SMP/SMA/SMK se-Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui studi dokumen. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan teknik persentase. Hasil yang diperoleh dari evaluasi program kegiatan workshop penulisan karya ilmiah menunjukkan pada evaluasi aspek reaksi berada pada kriteria sangat tinggi sebanyak 32%, aspek afektif berada pada kriteria sangat tinggi sebanyak 53%, dan aspek kognitif pada kriteria istimewa sebanyak 63%.Dari hasil evaluasi menggunakan model evaluasi Kirckpatrik tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Workshop Penulisan karya Ilmiah dalam upaya meningkatkan kompetensi guru pendidikan dasar sudah dapat berjalan dengan baik. Workshop penulisan karya ilmiah membawa dampak positif bagi peserta pelatihan dalam hal ini guru pendidikan dasar untuk menulis dan membuat suatu penelitian khususnya penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil analisis terhadap PPDB menunjukkan bahwa jumlah siswa kelas X SMA Negeri 2438 siswa, sedangkan siswa kelas X SMK Negeri 2243 siswa. Jumlah siswa kelas XI SMA Negeri 2197 siswa, sedangkan siswa kelas XI SMK Negeri 2366. Jumlah siswa kelas XII SMA Negeri 2151 siswa, sedangkan SMK Negeri 2233. Berdasarkan status pemegang KMS, pada sekolah SMK terdapat 11 siswa kelas X, 18 siswa kelas XI, dan 2 siswa kelas XII. Sedangkan siswa non KMS terdapat 20 siswa pada kelas X, 17 siswa kelas XI, dan 3 siswa kelas XII yang putus sekolah. Sedangkan untuk SMA Swasta, tidak terdapat siswa putus sekolah pada kelas X, 1 siswa pemegang KMS, dan 13 siswa non KMS, sementara untuk kelas XII tidak terdapat siswa putus sekolah siswa pemegang KMS, dan siswa non KMS terdapat 4 siswa. Jumlah peserta didik berdasarkan domisili yaitu SMA luar kota 35% dan dalam kota 65%. Sedangkan untuk SMK luar kota 50% dan dari dalam kota 50%.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Program PPL, Evaluasi Program, Workshop Penulisan Karya Ilmiah
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Jun 2016 02:31
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34842

Actions (login required)

View Item View Item