LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 11 AGUSTUS 2015 – 11 SEPTEMBER 2015 DI SMK MA’ARIF SALAM

Nanang Ariyanto, Nanang Ariyanto (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 11 AGUSTUS 2015 – 11 SEPTEMBER 2015 DI SMK MA’ARIF SALAM. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laporan Lengkap + Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMK Ma’arif Salam selama 1 bulan lebih sejak 11 Agustus – 11 September 2015. Tujuan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga yang professional yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi kegiatan professional yang terdiri dari observasi pembelajaran dikelas yang dilaksanakan pada saat KBM dikelas berlangsung dan pembuatan perangkat pembelajaran yaitu silabus dan sistem penilaian selama mengajar, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dan format penilaian. September 2015. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 4 kali pertemuan, adapun praktikan sudah mencapai lebih dari 4 kali pertemuan. Hambatan yang ditemui oleh praktikan dalam melaksanakan PPL adalah (1) Dari praktikan, ketidaksiapan penguasaan materi terkadang menjadi kendala untuk memberi contoh yang relevan dan faktual dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa mudah menerimanya. (2) Kurangnya sarana prasaran sekolah, sehingga dalam mengajarkan suatu materi kurang begitu maksimal. (3) Dari siswa, siswa kadang suka senenaknya sendiri selama melakukan pembelajaran sehingga penguasaan kelas menjadi tidak terkontrol dan gaduh. Saran untuk keberhasilan PPL dari praktikan yaitu kunjungan dan pengarahan dari dosen pembimbing tetap diperlukan secara berkala agar praktikan dapat lebih terkontrol dalam kegiatan praktiknya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2016 08:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34794

Actions (login required)

View Item View Item