LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK N 2 PENGASIH Semester Khusus Tahun Akademik 2015/2016 10 Agustus 2015 – 12 September 2015

AchmadSobarudin, AchmadSobarudin (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK N 2 PENGASIH Semester Khusus Tahun Akademik 2015/2016 10 Agustus 2015 – 12 September 2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ahmad Sobarudin_12504241009_FT_Pendidikan Teknik Otomotif.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan istilah kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan mahasiswa yang menyangkut tugas kependidikan, baik yang berupa persiapan administrasi mengajar, praktik mengajar, dan evaluasi pembelajaran. Tujuan utama dari kegiatan PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran yang sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang nyata serta dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi. Pelaksanaan program PPL khusus untuk mahasiswa program studi kependidikan ini memiliki misi yaitu menyiapkan dan menghasilkan calon guru atau tenaga kependidikan yang berkualitas dalam hal nilai, sikap, moral, pengetahuan dan keterampilan profesional, maka pelaksanaan PPL akan sangat membantu mahasiswa dalam rangka menjajaki realita dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti kegiatan perkuliahan. Sebelum pelaksanaan PPL di sekolah, terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan observasi lapangan (kelas). Observasi ini dilakukan sebagai tolak ukur dalam perumusan program PPL yang akan dilaksanakan, mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung, mengetahui karakter siswa, serta mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Begitu pula dengan kegiatan konsultasi atau bimbingan dengan guru pembimbing dilakukan dalam rangka persiapan dalam pelaksanaan kegiatan PPL. Kegiatan PPL dilaksanakan dari tanggal 10 agustus 2015 s.d 12 september 2015 bertempat di SMK N 2 Pengasih yang beralamat di Jln. KRT. Kertodiningrat, Margosari, Pengasih, KulonProgo. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain adalah persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan media pembelajaran, melaksanakan praktik mengajar terbimbing dan evaluasi, serta kegiatan nonpembelajaran. Adapun administrasi mengajar yang dibuat adalah Buku Kerja Guru (BKG). Adapun hasil yang diperoleh oleh mahasiswa dari pelaksanaan kegiatan PPL UNY ini adalah pengalaman dalam bidang pembelajaran disekolah, dalam rangka melatih serta mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Semua pengalaman ini semoga dapat menjadi bekal dalam pengabdian diri di masyarakat di masa yang akandatang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 2 Pengasih.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34721

Actions (login required)

View Item View Item