LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMP N 10 MAGELANG

Resta Sulastri, Resta Sulastri (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMP N 10 MAGELANG. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PPL_ RESTA SULASTRI_SMP10MGL.pdf

Download (845kB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta adalah salah satu lembaga perguruan tinggi yang menyiapkan tenaga pendidik profesional. Salah satu program yang diadakan oleh UNY adalah kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yang mencakup latihan mengajar, cara menyiapkan rencana proses pembelajaran dan manajemen pengelolaan kelas. Dalam PPL ini terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain mengajar teori dan praktik di sekolah. Dalam kegiatan mengajar diperlukan berbagai persiapan diantaranya adalah pembuatan administrasi guru, silabus, RPP, media pembelajaran, dan lain-lain. Dalam praktik mengajar untuk mahasiswa program studi Pendidikan Seni Musik, diberi kesempatan oleh guru pembimbing untuk mengajar kelas IX.A - IX.G dengan harapan mahasiswa memiliki pengalaman mengajar masing-masing kelas yang memiliki karakter yang berbeda, sehingga pengalaman dan wawasan semakin luas. Pelaksanaan praktik mengajar diambil dari jadwal guru pembimbing, dengan jadwal dan alokasi waktu jam pelajaran guru mata pelajaran Seni Budaya. Adapun alokasi waktu mengajar mata pelajaran Seni Budaya adalah 2 jam x 40 menit. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan bahan ajar yang akan diajarkan, belajar untuk mengatasi hambatan-hambatan yang muncul, saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan menjalin komunikasi yang baik antara semua pihak yang berkaitan, misalnya dengan Bapak/Ibu guru dan karyawan yang berada di SMP Negeri 10 Magelang. Untuk memperoleh hasil yang baik perlu ditingkatkan koordinasi antara LPPMP, DPL PPL, dan sekolah agar dapat memberikan informasi yang akurat kepada pratikan PPL sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran. Komunikasi atau informasi dari LPPMP harus lebih dimaksimalkan dan lebih dipastikan sampai pada mahasiswa. Berdasarkan hasil pelaksanaan, program PPL Semester Khusus 2015 dapat berjalan lancar. Kelancaran pelaksanaan program PPL Semester Khusus 2015 ini tidak terlepas dari adanya kerjasama yang baik antara pihak sekolah, mahasiswa, serta siswa SMP Negeri 10 Magelang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktek Pengalaman Lapangan, UNY, SMP N 10 Magelang
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2016 03:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34710

Actions (login required)

View Item View Item