KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID

Isti Faiyah, Isti Faiyah (2015) KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Isti Faiyah-Pend. Geografi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan terpadu dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Penyelengaraan program PPL secara terpadu bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang bagus dan bermutu, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Tujuan lain adalah memberikan gambaran dan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam hal alokasi waktu, perencanaan program, pengelolaan, dan pendanaan yang efisien dan efektif. Program yang dikembangkan mahasiswa dalam praktik PPL disesuaikan dengan program sekolah sehingga dapat mendukung program-program yang ada di sekolah serta masyarakat. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di lokasi SMA Negeri 1 Kota Mungkid yang dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 11 September 2015. SMA Negeri 1 Kota Mungkid beralamat di Jl. LetnanTukiyat Kota Mungkid, Mertoyudan, Magelang, JawaTengah. Sekolah ini memiliki fasilitas yang cukup baik dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan PPL, praktikan mengajar beberapa mata pelajaran sesuai bidangnya masing-masing.Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan. Beberapa persiapan PPL yang dilakukan antara lain kegiatan konsultasi dengan guru pembimbing, dosen pembimbing dan observasi kegiatan pembelajaran. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran antara lain silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, pembuatan media pembelajan, penugasan dan evaluasi. Dalam kegiatan PPL, mahasiswa mempraktikkan berbagai metode dan strategi pembelajaran antara lain ceramah, diskusi, dan permainan. Praktik mengajar dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus sampai 11 September 2015. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar minimal sebanyak 4 kali dalam praktiknya dengan alokasi waktu 3 x 45 menit setiap pertemuan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa praktikan mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa praktikan telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. Mahasiswa juga mendapat pelajaran cara bersosialisasi baik kepada siswa, guru, dan seluruh karyawan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA N 1 Kota Mungkid, Pendidikan Geografi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 15 Jun 2016 03:37
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34699

Actions (login required)

View Item View Item