PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA KELAS XII KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK N 1 SEDAYU PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGENDALI ELEKTRONIK MELALUI METODE KOOPERATIF STAD

Rudy, Tri Wibowo (2016) PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA KELAS XII KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK N 1 SEDAYU PADA MATA PELAJARAN SISTEM PENGENDALI ELEKTRONIK MELALUI METODE KOOPERATIF STAD. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Rudy Tri Wibowo 09518241016.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran kooperatif teknik Student Team Achievement Division (STAD) dengan bantuan media pembelajaran Sistem Pengendali Elektronik dalam meningkatkan kompetensi siswa kelas XII keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK N 1 Sedayu pada mata pelajaran sistem pengendali elektronik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan untuk setiap siklusnya. Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri atas empat tahap pelaksanaan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen lembar observasi afektif, lembar observasi psikomotorik, serta instrumen pre-test dan post-test. Instrumen lembar observasi afektif digunakan untuk mengetahui kompetensi siswa pada aspek afektif. Instrumen lembar observasi psikomotorik digunakan untuk mengetahui kompetensi siswa pada aspek psikomotorik. Instrumen pre-test dan post-test digunakan untuk mengetahui kompetensi siswa pada aspek kognitif. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan mereduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kompetensi siswa pada aspek afektif, psikomotorik, dan kognitif setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif teknik STAD dengan bantuan media pembelajaran Sistem Pengendali Elektronik. Pada aspek afektif terjadi peningkatan sebesar 48,21%, dengan persentase aspek afektif siswa pada pertemuan pertama sebesar 56%, meningkat menjadi 83% pada pertemuan keenam. Pada aspek psikomotorik terjadi peningkatan sebesar 22,15%, dengan nilai rata-rata psikomotorik siswa pada job sheet 1 sebesar 67,66, meningkat menjadi 82,65 pada job sheet 4. Pada aspek kognitif terjadi peningkatan sebesar 110,9%, dengan nilai rata-rata pre-test siklus 1 sebesar 38,53, meningkat menjadi 81,26 pada post-test siklus 2.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kompetensi siswa, student team achievement division, sistem pengendali elektronik.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jun 2016 03:13
Last Modified: 30 Jan 2019 09:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34697

Actions (login required)

View Item View Item