PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN

Adhiasa, Bagaswara (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ADHIASA BAGASWARA 07503241025.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN oleh: Adhiasa Bagaswara NIM. 07503241025 Penelitian ini dengan Powerpoint pada mata diklat pembelajaran Powerpoint Muhammadiyah Prambanan Sleman dalam media pembelajaran. enelitian ini bertujuan: (1) merancang dan membuat media pembelajaran pada mata diklat Gambar Teknik; (2) menghasilkan produk Powerpoint untuk mata diklat Gambar Teknik Muhammadiyah Prambanan Sleman dalam yang layak untuk diterapkan sebagai Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan ( Penelitian ini Development) yang dilakukan di Muhammadiyah Prambanan Sleman media pembelajaran Pengumpulan data dilakukan menggunakan (pretest & postest). deskriptif kualitatif, membandingkan hasil media Powerpoint dan yang tidak ) yang dilakukan di Jurusan Teknik Pemesinan Muhammadiyah Prambanan Sleman. Objek penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran dengan Powerpoint pada mata diklat Gambat Teknik Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) . Teknik analisis data dilakukan menggunakan kualitatif, dan uji coba penerapan media dilakukan dengan membandingkan hasil pretest & postest dari dua kelompok yang menggunakan dan yang tidak menggunakan media Powerpoint. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran dengan sedangkan tahapan rancangan pengembangan media yang dilakukan menetapkan mata pelajaran yang penelitian pendahuluan (5) mengembangkan bentuk produk (7) analisis; (8) revisi I analisis hasil uji coba besar; (13) analisis has (15) produk akhir. kelayakan menurut ahli media pembelajaran 83,3%, ahli materi dengan diklat dengan persentase total total sebesar 87% dan uji 91,67%. Media pembelajaran dengan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dapat disimpulkan bahwa dikembangkan layak digunakan diklat Gambar Teknik Kata kunci : Media Pembelajaran Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran dengan sedangkan tahapan rancangan pengembangan media yang dilakukan menetapkan mata pelajaran yang akan dikembangkan medianya ndahuluan; (3) pembuatan desain software; (4) pengumpulan bahan (5) mengembangkan bentuk produk; (6) validasi oleh ahli media dan ahli materi; (8) revisi I/revisi produk awal; (9) uji coba kelompok kecil; uji coba kelompok kecil; (11) revisi II; (12) uji coba kelompok (13) analisis hasil uji kelompok besar; (14) uji efektifitas/penerapan . Media pembelajaran dinyatakan layak kelayakan menurut ahli media pembelajaran dengan persentase total sebesar dengan persentase total sebesar 79,5%, penilaian sentase total 90,9%, hasil uji kelompok kecil dengan dan uji coba kelompok besar dengan persentase total sebesar %. Media pembelajaran dengan Powerpoint ini telah teruji keefektifannya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 179,6%. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan Power an layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran Gambar Teknik dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Media Pembelajaran, Powerpoint, dan Mata Diklat Gambar Teknik media pembelajaran enghasilkan produk Gambar Teknik di SMK yang layak untuk diterapkan sebagai penelitian pengembangan (Research and urusan Teknik Pemesinan SMK ek penelitian ini berupa pengembangan Gambat Teknik. kuesioner (angket) dan soal tes menggunakan analisis uji coba penerapan media dilakukan dengan cara dua kelompok yang menggunakan Powerpoint. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran dengan Powerpoint sedangkan tahapan rancangan pengembangan media yang dilakukan yaitu: (1) medianya; (2) melakukan (4) pengumpulan bahan; oleh ahli media dan ahli materi; kelompok kecil; (10) I; (12) uji coba kelompok (14) uji efektifitas/penerapan; dan berdasarkan uji persentase total sebesar , penilaian guru mata dengan persentase sentase total sebesar ini telah teruji keefektifannya Dari hasil uji di atas Powerpoint yang sebagai pendukung pembelajaran untuk mata dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Mata Diklat Gambar Teknik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jun 2016 07:14
Last Modified: 30 Jan 2019 09:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34667

Actions (login required)

View Item View Item