PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LAEARNING UNTUK MENCAPAI KOMPETENSI PADA MATA PELAJARAAN PRAKTIK PLC SISWA XI TEKNIK KETENAGALISTRIKAN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Febrian, Yulius (2016) PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LAEARNING UNTUK MENCAPAI KOMPETENSI PADA MATA PELAJARAAN PRAKTIK PLC SISWA XI TEKNIK KETENAGALISTRIKAN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi PDF.pdf

Download (570kB) | Preview

Abstract

PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LAEARNING UNTUK MENCAPAI KOMPETENSI PADA MATA PELAJARAAN PRAKTIK PLC SISWA XI TEKNIK KETENAGALISTRIKAN DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh: Febrian Yulius NIM. 11518249002 ABSTRAK Penelitian memiliki tujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan kompetensi antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode problem Based Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional ditinjau dari aspek kognitif. (2) Mengetahui perbedaan kompetensi antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode problem Based Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional ditinjau dari aspek afektif. (3) Mengetahui perbedaan kompetensi antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode problem Based Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional ditinjau dari aspek psikomotorik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan teknik ketenagalistrikan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling, yang diambil pada penelitian ini sebanyak 59 siswa. 29 siswa kelas XI TL2 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas XI TL 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa menggunakan metode pendekatan Problem Based Learning lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional ditinjau pada aspek kognitif (t hitung = 4.287 > t = 2.0025; sig 0,000), nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 73.79 sedangkan kelas kontrol sebesar 59.60. (2) hasil belajar siswa menggunakan metode pendekatan Problem Based Learning lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional ditinjau pada aspek afektif (t hitung = 6.697 > t tabel = 2.0025; sig 0,000), nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 83.36 sedangkan kelas kontrol sebesar 68.25. (3) hasil belajar siswa menggunakan metode pendekatan Problem Based Learning lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional ditinjau pada aspek psikomotorik (t hitung tabel = 6.662 > t = 2.0025; sig 0,000), nilai rata rata kelas eksperimen sebesar 79.79 sedangkan kelas kontrol sebesar 59.60. tabel Kata Kunci: Pencapaian kompentensi , Metode Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Jun 2016 01:36
Last Modified: 30 Jan 2019 09:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34626

Actions (login required)

View Item View Item