KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA BERBASIS FLASH UNTUK MENGENALKAN KONSEP ANGGOTA TUBUH BAGI ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS I DI SEKOLAH LUAR BIASA YAPENAS YOGYAKARTA

Herlin, Indria Hastuti (2015) KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA BERBASIS FLASH UNTUK MENGENALKAN KONSEP ANGGOTA TUBUH BAGI ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS I DI SEKOLAH LUAR BIASA YAPENAS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
HERLIN INDRIA HASTUTI_11103244001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan multimedia berbasis flash untuk mengenalkan konsep anggota tubuh bagi anak tunagrahita kategori sedang kelas I di SLB Yapenas Yogyakarta. Keefektifan multimedia berbasis flash “Mengenalkan Konsep Anggota Tubuh” dapat dilihat dari peningkatan kemampuan pemahaman pada tes mengenal konsep anggota tubuh oleh subjek setelah diberikan intervensi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A-B-A’. Subjek penelitian yaitu seorang anak tunagrahita kategori sedang kelas I. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dan panduan observasi yang digunakan selama fase Baseline 1, intervensi, dan Baseline 2. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel dan grafik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pada kemampuan mengenal konsep anggota tubuh subjek memperlihatkan adanya frekuensi peningkatan pemahaman konsep anggota tubuh pada 3 sesi baseline 1 (A) yaitu: A1= 1, A2=1, A3=1, frekuensi peningkatan dikatakan stabil karena cenderung menetap. Frekuensi peningkatan yang ditunjukkan subjek selama 5 sesi intervensi (B) yaitu: B1=3, B2=6, B3=8, B4=9, B5=9, sedangkan frekuensi peningkatan pemahaman konsep anggota tubuh pada 2 sesi baseline 2 (A’) yaitu: A’1=9, A’2=9. Keefektifan tersebut juga didukung oleh persentase overlap yang rendah yaitu 0%. Perubahan level yang terjadi pada perbandingan kondisi intervensi dengan baseline 2 (A’/B) untuk kemampuan mengenal konsep anggota tubuh yaitu (+6). Keefektifan multimedia berbasis flash untuk mengenalkan konsep anggota tubuh pada penelitian ini berdasarkan perbandingan hasil yang diperoleh pada baseline 1 dan baseline 2. Apabila Frekuensi Peningkatan Pemahaman Konsep pada baseline 2 lebih banyak dibandingkan pada baseline 1 maka Multimedia Berbasis Flash “Mengenalkan Konsep Anggota Tubuh” efektif terhadap kemampuan mengenal anggota tubuh pada anak tunagrahita kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 14 Jun 2016 06:38
Last Modified: 30 Jan 2019 09:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34525

Actions (login required)

View Item View Item