STUDI KASUS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH INKLUSI SD NEGERI 1 JAMBIDAN BANTUL YOGYAKARTA

Hadyani, Kumalasari Putri (2016) STUDI KASUS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH INKLUSI SD NEGERI 1 JAMBIDAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
HADYANI KUMALASARI PUTRI_11103241001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kondisi raw input siswa tunarungu, (2) proses pembelajaran Matematika untuk anak tunarungu, dan (3) dampak dari hasil proses pembelajaran atau outcome bagi anak tunarungu di SD Negeri 1 Jambidan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian berada di sekolah inklusi SD Negeri 1 Jambidan. Subjek penelitian yaitu seorang anak tunarungu kelas II, guru kelas II, guru pendamping khusus, dan kepala sekolah SD Negeri 1 Jambidan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Teknik keabsahan data yang diperoleh menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kondisi raw input siswa tunarungu di SD Negeri 1 Jambidan sudah lama dilakukan. Proses perekrutan calon siswa reguler maupun siswa berkebutuhan khusus didasarkan pada usia; (2) Proses pembelajaran matematika dimulai dari (a) menyusun RPP, mempersiapkan materi pembelajaran, dan melakukan evaluasi; (b) menggunakan metode pembelajaran berupa ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi; (c) menyediakan media berupa alat bantu dengar yang dapat digunakan oleh anak tunarungu; (e) kondisi lingkungan ditinjau dari segi psikologi, terlihat kurang percaya diri dan sering tidak fokus; ditinjau dari kondisi lingkungan sosial kurang memotivasi anak tunarungu; (f) proses evaluasi dilakukan pada saat ulangan harian, mid dan ujian kenaikan kelas; dan (3) Dampak kognisi adalah AWN sering mengalami ketertinggalan materi dengan anak normal, dampak afektif adalah AWN menjadi kurang percaya diri, minder, pasif, tidak termotivasi untuk mempelajari banyak hal, dapat memunculkan minat belajar yang rendah sehingga dapat berdampak pada hasil belajar AWN, dan dampak psikomotorik adalah AWN terlihat kurang aktif dan terampil dalam mengikuti pembelajaran matematika dikelas. Sehingga, perlunya penanganan yang berbeda dari guru kelas dan pendampingan dari GPK menjadi solusi konkrit yang diperlukan AWN dalam meningkatkan intelegensi dan hasil belajar pada pembelajaran matematika dengan tema bangun datar di kelas IIB SD Negeri 1 Jambidan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 14 Jun 2016 03:19
Last Modified: 30 Jan 2019 09:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34515

Actions (login required)

View Item View Item