EFEKTIVITAS METODE MULTISENSORI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ANAK BERKESULITAN BELAJAR MENULIS KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA

Diah, Kusumaningtyas (2015) EFEKTIVITAS METODE MULTISENSORI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ANAK BERKESULITAN BELAJAR MENULIS KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH DEMANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
DIAH KUSUMANINGTYAS_10103241026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode multisensori terhadap kemampuan menulis anak berkesulitan belajar menulis kelas II di SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A – B. Subyek penelitian merupakan siswa berkesulitan belajar menulis kelas dasar II, yakni subyek MNEF. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui statisik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik dan tabel. Komponen-komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Pengumpulan data menggunakan skor persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode multisensori efektif dapat meningkatkan kemampuan menulis bagi anak berkesulitan belajar menulis. Hal ini ditandai adanya peningkatan kemampuan menulis subyek berdasarkan hasil tes dan wawancara yang diperoleh pada fase intervensi dan setelah intervensi. Berdasarkan persentase skor pada kondisi baseline (A) terdapat tiga sesi dengan persentase 41,67%, 25%, dan 33,33%. Pada saat intervensi (B) terdapat enam sesi dengan persentase 58,33%, 66,67%, 50%, 75%, 83,33%, dan 91,67%. Dari hasil analisis data antar kondisi diketahui telah terjadi peningkatan persentase kemampuan menulis sebanyak 25% level (+25%) pada kondisi intervensi dibandingkan dengan fase baseline serta didukung dengan prosentase data overlap 0%. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa pengaruh penerapan metode multisensori pada subyek MNEF mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan menulis siswa berkesulitan belajar menulis di SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 14 Jun 2016 03:10
Last Modified: 30 Jan 2019 09:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34511

Actions (login required)

View Item View Item