PENINGKATAN KEMAMPUAN ORIENTASI DAN MOBILITAS ANAK TUNANETRA KELAS V DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA MELALUI KEGIATAN PRAMUKA

Deni, Cahya Padholi (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN ORIENTASI DAN MOBILITAS ANAK TUNANETRA KELAS V DI SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA MELALUI KEGIATAN PRAMUKA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
DENI CAHYA PADHOLI_10103244008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan orientasi dan mobilitas siswa tunanetra kelas V di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Penilitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yaitu dua siswa tunanetra kelas V di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Tindakan pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan observasi, tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan yakni kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pramuka dapat meningkatkan kemampuan orientasi dan mobilitas siswa tunanetra kelas V di SLB A Yaketunis Yogyakarta. Peningkatan pada siklus I, subyek 1 sebesar 36,67% kemampuan awal 40% menjadi 76,67%, subyek 2 sebesar 20%, kemampuan awal 30% menjadi 50%. Peningkatan pada siklus II yaitu subyek 1 sebesar 50%, kemampuan awal sebesar 40% menjadi 90%, subyek 2 sebesar 40%, kemampuan awal 30% menjadi 70%. Siklus I, data peresentase tersebut diperoleh dengan mengamati kemampuan orientasi dan mobilitas siswa proeses kegiatan pramuka, pemahaman teknik tongkat panjang yang menerapkan teknik orientasi dan mobilitas subyek pada teknik penggunaan tongkat panjang. Materi pokok pada siklus I adalah siswa tunanetra menyebutkan alat yang digunakan sebagai penunjuk arah pada saat berjalan, pegangan tongkat yang baik digunakan pada tongkat terbuat dari bahan karet, teknik indoor menyilang tubuh dengan menggunakan tongkat yang baik dan benar pada saat melewati jalan sempit dan jalan berlubang pada saat kegiatan pramuka. Aspek penilaian dengan memahami teknik yang terdapat pada penggunaan tongkat pada kegiatan menyusuri jalan di sekitar kegiatan pramuka, penggunaan tongkat panjang menghindari jalan berlubang jalan yang sempit dan teknik naik turun tangga pada kegiatan wide game saat pramuka. Materi pokok pada siklus II mengulangi materi pada proses siklus I namun terdapat perbedaan pada jalur wide game, dan pendapingan lebih terfokus pada subyek II. Materi alat yang digunakan sebagai penunjuk arah pada saat perjalanan, pegangan tongkat yang baik digunakan pada tongkat terbuat dari karet, teknik indoor menyilang tubuh dengan menggunakan tongkat yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 14 Jun 2016 03:06
Last Modified: 30 Jan 2019 09:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34508

Actions (login required)

View Item View Item