STUDI KASUS TENTANG KEMAMPUAN MEMBACA UJARAN ANAK TUNARUNGU DI SLB- B DENA UPAKARA WONOSOBO

Alvi, Nurdina (2015) STUDI KASUS TENTANG KEMAMPUAN MEMBACA UJARAN ANAK TUNARUNGU DI SLB- B DENA UPAKARA WONOSOBO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
ALVI NURDINA_11103241054.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap serta mendeskrispikan tentang kemampuan membaca ujaran anak tunarungu berserta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca ujaran anak tunarungu tersebut di SLB-B Dena Upakara Wonosobo. Pendekatan penelitian ini yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah tiga anak perempuan tunarungu pindahan dari luar yang bersekolah di SLB-B Dena Upakara Wonosobo dengan informan tiga guru kelas dan terapi wicara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan ketekunan pengamatan dan triangluasi data. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melalui tahap reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa diantaranya sebagai berikut: 1) kemampuan membaca ujaran anak tunarungu, khusunya bagi ketiga subjek yang terpilih terlihat bervariasi karena berdasarkan atas potensi atau kemampuannya masing-masing yang beragam seiringi dengan perbedaan karakteristiknya masingmasing pula sebagai tunarungu. Kemampuan membaca ujaran dari ketiga subjek itu sudah berkembang seperti halnya sudah bisa meniru ucapan baca gerak bibir, bisa membaca visualisasi dan deposit, dan bisa menulis namun hasilnya kurang maksimal, karena masalahnya pada tingkat ukuran anak tunarungu seperti mereka kurang bisa ekspresif secara spontan, melainkan mereka hanya bisa menggunakan bahasa sehari-hari yang berdasarkan pengalaman yang pernah dialaminya saja sehingga terbatasnya yang telah mereka mengenal akan bunyi kata-kata ujaran tersebut.2) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca ujaran anak tunarungu di SLB-B Dena Upakara Wonosobo meliputi faktor internal yang bersumber dari karakteristik anak tunarungu, yaitu kemampuan kognitif; tingkat kemampuan mendengar; dan kemampuan artikulasi dan faktor eksternal yang merupakan faktor yang terpengaruh dari lingkungan di luar individu anak tersebut ialah ventilasi dan pengaturan cahaya yang dikelola di kelas dan di ruang artikulasi secara baik; ketepatan dan keterampilan serta kreativitas dalam penggunaan metode pembelajaran dan latar belakang pribadi guru dan terapi wicara yang ramah dan kasih sayang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 14 Jun 2016 02:59
Last Modified: 30 Jan 2019 09:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34503

Actions (login required)

View Item View Item