LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016 KELOMPOK C017

Febria Leny Sundari, Febria Leny Sundari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2015/2016 KELOMPOK C017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
(12604224049) FEBRIA LENY SUNDARI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu rangkaian mata kuliah yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan PPL dilaksanakan di semester khusus, PPL mempunyai bobot sebanyak 3 sks (sistem kredit semester) di dalam kegiatan PPL terkait dengan proses pembelajaran maupun berbagai kegiatan yang mendukung berlangsungnya kegiatan pembelajaran. PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan ketrampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi di sekolah yang menjadi lokasi berlangsungnya kegiatan PPL. Pelaksanaan PPL dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015 di salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY yaitu SD Negeri Jlaban. Kegiatan mahasiswa meliputi 6 kali praktik mengajar, 5 kali mengajar terbimbing dan 1 kali ujian mengajar. Setiap akan melaksanakan praktik mengajar praktikkan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pelaksanaan kegiatan PPL merupakan sarana bagi mahasiswa untuk belajar dan menimba ilmu di sekolah untuk menjadi guru yang profesional. Dengan berbagai pengalaman mengajar yang diperoleh maka mahasiswa memiliki tambahan wawasan pengetahuan baik dari mengajar, guru pembimbing, dan lingkungan sekolah. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang menarik dan inovatif sehingga menciptakan pembelajaran yang efektif serta anak dapat merasa senang dan aktif bergerak melalui pembelajaran penjaskes. Selain itu juga memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperoleh untuk menerapkan dalam kehidupan nyata di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pembelajaran, RPP.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 14 Jun 2016 02:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34500

Actions (login required)

View Item View Item