Johan Saputra, Johan Saputra (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SD N JLABAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
(12604224006) JOHAN SAPUTRA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional melalui praktik mengajar langsung di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2015 yang berlokasi di SD N Jlaban telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 10 Agustus-12 September 2015. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 14 mahasiswa dari 2 program studi, yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jasmani. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman langsung mengenai proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah. Pengalaman ini diharapkan nantinya menjadi bekal untuk mengembangkan diri sebagai guru yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SD N Jlaban yang dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015 ini antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Dalam kegiatan PPL di SD N Jlaban, praktikan mendapat kesempatan mengajar dikelas 2, 3, 4, 5 dan 6. Materi yang diajarkan meliputi Tema 1 Sub Tema 1,2,3 dan 4. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Namun terdapat beberapa kendala yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL yakni praktikan masih kurang dalam penguasaan kelas, misalnya selama kegiatan pembelajaran berlangsung seringkali praktikan mengalami kesulitan dalam mengontrol siswa terutama saat diskusi dan pelaksanaan proses belajar sesuai kurikulum 2013, baik saat mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Praktikan menyadari bahwa munculnya kendala dalam pelaksanaan kegiatan PPL adalah hal yang wajar karena hal ini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PPL.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, Pembelajaran, RPP. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 14 Jun 2016 02:42 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:49 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34490 |
Actions (login required)
View Item |