PENINGKATAN PRESTASI DAN NIOTIVASI BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK REAKSI REDUKSI-OKSIDASI DENGAN MENGGUNAKAN LABORATORIUM MULTIMEDIA PADA SISWA SMA NEGERI 1 SLEMAN KELAS X SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2007/2008

Erni, Indriawati (2010) PENINGKATAN PRESTASI DAN NIOTIVASI BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK REAKSI REDUKSI-OKSIDASI DENGAN MENGGUNAKAN LABORATORIUM MULTIMEDIA PADA SISWA SMA NEGERI 1 SLEMAN KELAS X SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2007/2008. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENINGKATAN_PRESTASI_DAN_NIOTIVASI_BELAJAR_KIMIA_SISWA_PADA_MATERI_POKOK_REAKSI_REDUKSI.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan ada tidaknya perbedaan yang positif dan signifikan terhadap prestasi dan motivasi belajar kimia siswa melalui pembelajaran menggunakan laboratorium multimedia jika pengetahuan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tiga desain yaitu : (l) desain satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel, (2) desain satu faktOr dua sampel, (3) desain satu faktor dengan pengamatan ulang. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 1 Sleman yang berjumlah 216 siswa dan dibagi dalam 6 kelas. Sampel penelitian sebanyak 71 siswa, dibagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen (Al) dan kelas kontrol (A2) yang diambil secara purpo.ssive sampling. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia siswa, data prestasi belajar kimia siswa, clan data motivasi belajar kimia siswa. Data dianalisis dengan analisis kovarian (anakova) Jan uj i t. Hasil analisis kovarian (anakova) mendapatkan harga Fo = 0,682 dan p = -;.~83 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Hal in] berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan laboratorium multimedia dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan laboratorium multimedia, jika pengetahan awal kimia siswa dikendalikan secara statistik. Analisis dengan uji t didapatkan harga to =- 1.790 dan p = 0,078 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini berarti bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia pada siswa kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran kimia dengan menggnrnakan laboratorium multimedia tidak dapat meningkatkan secara signifkan prestasi dan motivasi belajar kimia siswa di Negeri 1 Sleman kelas X semester 2 tahun ajaran 2007/2008.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 29 Jan 2019 15:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3447

Actions (login required)

View Item View Item