EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN SAINS KIMIA KELAS VII SEMESTER 2 SMP NEGERI 2 MLATI SLEMAN TAHUN AJARAN 2005/2006

Erni, Chayati (2010) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN SAINS KIMIA KELAS VII SEMESTER 2 SMP NEGERI 2 MLATI SLEMAN TAHUN AJARAN 2005/2006. S1 thesis, UNY.

[img] Text
EFEKTIVITAS_PENERAPAN_METODE_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_JIGSAW_PADA_MATA_PELAJARAN_SAINS_KIMIA_KELAS_VII_SEMESTER_2_SMP_NEGERI_2_MLATI_SLEMAN.docx

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode ceramah jika pengetahuan awal sains dikendalikan secara statistik, perbedaan minat belajar sains kimia sesudah proses pembelajaran antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol, dan perbedaan minat belajar sains kimia siswa antara sebelum` dan sesudah proses pembelajaran sains kimia baik dalam kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Sampel penelitian sebanyak 76 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen (A1) dan kelas kontrol (A2), yang ditentukan secara purposWe cluster sampling dari 152 siswa Was VII SMP Negeri 2 MIA Sleman. Analisis statistik yang digunakan ialah Anakova dengan satu kovariabel, uji t, dan uji t sama subjek. Berdasarkan hasil analisis Anakova diperoleh Fo=4,334 dan p<0,05 yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar sains kimia antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode ceramah, jika pengetahuan awal sains dikendalikan secara statistik. Analisis uji t memberikan hasil t,,= -0,618 dan p>0,05 yang berarti bahwa tidak ada perbedaan minat belajar sains kimia sesudah pembelajaran antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Sedangkan analisis uji t sama subjek memberikan hasil untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah to=-0,136 dan p>0,05; to 0,747 dan p>0,05. Hal tersebut berarti bahwa tidak ada perbedaan minat belajar sains kimia siswa antara sebelum dan sesudah proses pembelajaran sains kimia baik dalam kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Dengan demikian, metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam meningkatkan prestasi belajar sains kimia namun belum efektif dalam meningkatkan minat belajar sains kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 08 Aug 2012 18:00
Last Modified: 29 Jan 2019 15:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3444

Actions (login required)

View Item View Item