Komparasi Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Keterampilan Sosial dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP

Jatmiko, Arif (2016) Komparasi Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Keterampilan Sosial dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arif-jatmiko-14708259015.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan TAI terhadap keterampilan sosial dan pemahaman konsep IPA siswa kelas VIII SMP N 1 Bulukerto; (2) perbedaan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan TAI terhadap keterampilan sosial siswa kelas VIII SMP N 1 Bulukerto; (3) perbedaan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan TAI terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas VIII SMP N 1 Bulukerto. Penelitian ini termasuk jenis quasi experimental atau penelitian eksperimen semu, dengan desain penelitian pretest-postes with Non-equivalent Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII di SMP N 1 Bulukerto, Wonogiri tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dipilih dua kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen pertama diberi perlakuan dengan pembelajaran kooperatif Jigsaw dan kelas eksperimen kedua diberi perlakuan dengan pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes pemahaman konsep. Teknik observasi digunakan untuk memperoleh data tentang keterampilan sosial siswa dan tes digunakan untuk mengukur pemahaman konsep IPA siswa terhadap materi pelajaran yang diberikan. Instrumen observasi dan tes pemahaman konsep telah dinyatakan valid oleh dua orang validator ahli. Nilai reliabilitas antar pengamat untuk lembar observasi menggunakan rumus koefisien kecocokan dari Scott dan diperoleh nilai lebih dari 0,800 untuk setiap indikator, sedangkan reliabilitas soal tes diperoleh nilai 0,747. Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe TAI terhadap keterampilan sosial dan pemahaman konsep IPA, data dianalisis secara multivariat dengan statistik uji MANOVA pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe TAI terhadap masing-masing variabel bebas dilakukan uji lanjut dengan statistik uji Independent t Test pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe TAI terhadap keterampilan sosial, dan pemahaman konsep IPA siswa; (2) pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih berpengaruh dibandingkan tipe TAI terhadap keterampilan sosial siswa; dan (3) tidak ada perbedaan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe TAI terhadap pemahaman konsep IPA siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, jigsaw, team assisted individualization (TAI), keterampilan sosial, pemahaman konsep ipa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Jun 2016 07:44
Last Modified: 09 May 2019 07:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34428

Actions (login required)

View Item View Item