LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 SURAKARTA KOTA SURAKARTA, PROVINSI JAWA TENGAH

T o n o, T o n o (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 4 SURAKARTA KOTA SURAKARTA, PROVINSI JAWA TENGAH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SENI MUSIK # TONO.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh mahasiswa program S1 kependidikan. Program PPL bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal dan mempelajari permasalahan di sekolah yang terkait dengan pembelajaran, dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner kedalam pembelajaran di sekolah. Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus – 12 September. Dalam pelaksanaannya praktikan mendapat kesempatan mengajar sebanyak 24 kali praktik terbimbing dan mandiri. Mata pelajaran yang diampu adalah seni budaya dengan spesifikasi seni musik dengan alokasi waktu tiap minggu 12 jam untuk 6 kelas. Kelas yang diampu oleh praktikan adalah kelas X, diantaranya kelas X APH-1 dan 2, X Boga 2 dan 3, X Kecantikan 2 dan X busana 2. Proses pembelajaran yang dilakukan selama PPL antara lain, 1) pertama, mempelajari administrasi guru, 2) kedua, persiapan sebelum mengajar meliputi penyusunan RPP, penyusunan materi ajar dan evaluasi. Proses pembelajaran yang sudah dilakukan disekolah, secara keseluruhan dapat berjalan dengan baik meskipun dengan adanya hambatan-hambatan selama pelaksanaan, namun semuanya dapat diselesaikan dengan baik. Adanya hambatanhambatan yang dijumpai selama proses pembelajaran diharapkan dapat menjadi pelajaran tersendri khususnya bagi mahasiswa dalam meningkatkan kompetensi diri dibidang pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, proses pembelajaran.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Jun 2016 02:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34318

Actions (login required)

View Item View Item