Pengembangan Media Video Animasi pada Subtema Cara Hidup Manusia, Hewan dan Tumbuhan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Demokratis Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Ketanggungan, Brebes

Farindhani, Dini Aria (2016) Pengembangan Media Video Animasi pada Subtema Cara Hidup Manusia, Hewan dan Tumbuhan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Demokratis Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Ketanggungan, Brebes. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dini-aria-farindhani-14712259005.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) menghasilkan dan (2) mengungkapkan keefektifan media video animasi pada subtema cara hidup manusia, hewan dan tumbuhan yang layak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar dan karkater demokratis siswa kelas V SD di Kecamatan Ketanggungan. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Desain pengembangan meliputi sembilan langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk hasil uji lapangan, (8) uji coba lapngan operasional, (9) dan revisi produk akhir. Subjek uji coba awal adalah sembilan siswa dan seorang guru dari SD Ketanggungan 04. Subjek uji coba lapangan adalah 18 siswa dan seorang guru dari SD Ketanggungan 04. Subjek uji coba operasional adalah 47 siswa yaitu 23 siswa dari kelas VA sebagai kelas kontrol dan 24 siswa dari kelas VB sebagai kelas eksperimen serta dua orang guru kelas VA dan VB SD Kubangjati 02. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian produk, skala motivasi belajar, lembar observasi karakter demokratis, skala respon siswa, dan skala respon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi layak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar dan karakter demokratis siswa. Kelayakan produk dapat dilihat dari hasil penilaian ahli materi terkategori “baik” dan ahli media terkategori “sangat baik”. Respon guru dan siswa terhadap penggunaan produk terkategori “sangat baik”. Media video animasi efektif meningkatkan motivasi belajar dan karakter demokratis siswa kelas V SD Kecamatan Ketanggungan. Kefektifan dapat dilihat dari perbedaan signifikan skor motivasi dan karakter sebelum dan sesudah menggunakan media video animasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media video animasi, motivasi belajar, karakter demokratis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Jun 2016 01:34
Last Modified: 09 May 2019 07:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34315

Actions (login required)

View Item View Item