LAPORAN PPL/MAGANG III INDIVIDU DI SD NEGERI KEPEK

Abdiyatun Khayati, Abdiyatun Khayati (2015) LAPORAN PPL/MAGANG III INDIVIDU DI SD NEGERI KEPEK. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
12108244128_ABDIYATUN KHAYATI_PGSD_FIP (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan yang dilaksanakan di sekolah dasar merupakan program yang untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNY meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. PPL dilaksanakan pada semester khusus tahun 2015, mulai 10 Agustus hingga 12 September 2015. Adapun tujuan dari program PPL/Magang III ini adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah, atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran; dan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub, atau lembaga pendidikan. PPL yang dilaksanakan di sekolah dasar negeri Kepek dengan dimulai dengan pelaksanaan penerjunan, sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan di kelas, praktikan menyusun perangkat pembelajaran, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, beserta kelengkapan pembelajaran lainnya. Setelah itu melakukan evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran. Selain kegiatan praktik mengajar, mahasiswa juga melakukan kegiatan non-mengajar. Program kerja non-mengajar dalam PPL ini antara lain pendampingan kegiatan ektrakurikuler pramuka, ektrakurikuler tari, ektrakurikuler karawitan, ektrakurikuler silat, pendampingan PBB, pengelolaan perpustakaan, sapa pagi (morning greeting), Upacara HUT RI ke – 70, Lomba Memperingati Hari Kemerdekaan, pengadaan Mading, serta mengikuti upacara bendara dan senam angguk rutin. Secara keseluruhan semua program terlaksana dengan lancar. Dari pelaksanaan kegiatan PPL, dapat dikatakan bahwa kegiatan PPL telah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi sebagai guru kelas, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, keterampilan, dan nilai sikap yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, SD N Kepek, Mahasiswa
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 09 Jun 2016 08:08
Last Modified: 09 Jun 2016 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34300

Actions (login required)

View Item View Item