LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi SD NEGERI 1 PENGASIH

Dwijo Satriya Riski Prihantoro, Dwijo Satriya Riski Prihantoro (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi SD NEGERI 1 PENGASIH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DWIJO SATRIYA R P (LAPORAN).pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau Magang III merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman lapangan (PPL) atau Magang III bertujuan untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru dan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan sehingga mampu menjadi tenaga kependidikan profesional di kemudian hari. Dalam kesempatan ini, mahasiswa melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan atau Magang III di SD Negeri 1 Pengasih yang beralamat di Jalan Purbowinoto Pengasih, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Isimewa Yogyakarta yang di mulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai tanggal 12 September 2015. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau Magang III dilakukan secara bertahap, dimulai dari persiapan yang berupa observasi, pembuatan persiapan mengajar (RPP dan Media Pembelajaran), proses kegiatan mengajar atau pembelajaran dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kegiatan disekolah. Program PPL atau Magang III dilaksanakan untuk mengasah dan menerapkan 4 kompetensi guru yang harus ada, meliputi kompetensi professional, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi pedagogik. Mahasiswa juga bisa menilai secara langsung 4 ranah pendidikan jasmani yang meliputi ranah afeksi (afektif), kognisi (kognitif), psikomotor dan fisik peserta didik. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau Magang III, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran dengan pengalaman aktual yang diperoleh secara langsung dari kegiatan ini. Selain itu dengan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau Magang III ini mahasiswa memiliki pengalaman secara nyata tentang proses pembelajaran, realitas yang terjadi dalam sekolah, dapat mengetahui karakteristik siswa, mulai dari siswa kelas kecil (kelas I, II, III), siswa kelas besar (kelas IV, V, VI) dan dapat membantu mahasiswa meningkatkan berbagai aspek yaitu : keterampilan, tanggung jawab, kemandirian dan kemampun menyelesaikan masalah yang ada ketika pelaksanaan praktik pelaksanaan pembelajaran (PPL) atau magang III ini dilaksanakan, sehingga dapat membantu mahasiswa ketika menjadi guru yang professional kelak dikemudian hari.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL 2015, SD Negeri 1 Pengasih
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 Jun 2016 07:08
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34280

Actions (login required)

View Item View Item