LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016 DI SMP NEGERI 4 WONOSARI

Monica Indah Era Pertiwi, Monica Indah Era Pertiwi (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016 DI SMP NEGERI 4 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN UTAMA.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Program PPL merupakan implementasi salah satu butir Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat dalam hal ini masyarakat sekolah. Kegiatan PPL menuntut mahasiswa untuk bisa berkreasi dalam penerapan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama belajar di Universitas Negeri Yogyakarta dan kemudian dikembangkan dalam kegiatan kependidikan sebagai pendidik. Pelaksanaan PPL dilakukan pada tanggal 10 Agustus 2015-12 September 2015 bertempat di SMP N 4 Wonosari yang beralamat di Ngerboh 1, Piyaman, Wonosari, Gunungkidul. Kegiatan PPL ini melaksanakan program-program kegiatan dengan ketrampilan yang dimiliki oleh mahasiswa yang diperoleh selama berada di perguruan tinggi dan didukung kondisi lingkungan warga sekolah. Sebelum memulai untuk melakukan kegiatan mengajar, terlebih dahulu mahasiswa melakukan persiapan yaitu mengikuti mata kuliah pengajaran mikro, pembekalan PPL dan observasi untuk memperoleh data yang diperlukan untuk menyusun program kerja. Dari hasil observasi diketahui beberapa permasalahan di sekolah maupun potensi yang sebenarnya dapat dikembangkan di sekolah tetapi belum diberdayakan serta dapat mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan program PPL. Berdasarkan kondisi yang ada, maka mahasiswa merencanakan beberapa program yang dilaksanakan selama PPL. Program PPL yaitu Konsultasi dengan guru pembimbing, konsultasi dengan dosen pembimbing PPL, perangkat pembelajaran (penyusunan peta kompetensi, peta konsep, silabus, RPP), mencari bahan untuk mengajar, mengajar, membuat lembar kerja siswa, membuat soal ulangan harian, mengoreksi lembar kerja siswa, mengoreksi ulangan harian, memasukkan nilai lembar kerja siswa, memasukkan nilai ujian/ulangan harian, pembuatan media, dan pembuatan laporan, dan administrasi guru. Secara umum, program berjalan baik melalui bimbingan. Selain itu, mahasiswa juga memperoleh pengalaman dan pemahaman mengenai proses pendidikan dan pembelajaran di SMP N 4 Wonosari, memperoleh pengalaman tentang cara berfikir dan bekerja di lingkungan sekolah, dan memperoleh pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 4 Wonosari, pengalaman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2016 02:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34084

Actions (login required)

View Item View Item