LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN(PPL) UNIVERSITAS NEEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016 DI SMP NEGERI 4 WONOSARI

Danang Alfian Adrianto, Danang Alfian Adrianto (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN(PPL) UNIVERSITAS NEEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016 DI SMP NEGERI 4 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2_HALAMAN DEPAN.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_ISI.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) adalah program yang mengimplementasi salah satu butir Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat dalam hal ini masyarakat sekolah. Kegiatan PPL menuntut mahasiswa untuk bisa berkreasi dalam penerapan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama belajar di Universitas Negeri Yogyakarta dan kemudian dikembangkan dalam kegiatan kependidikan sebagai pendidik. Program PPL dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2015-12 September 2015 bertempat di SMP N 4 Wonosari yang beralamat di Ngerboh 1, Piyaman, Wonosari Gunungkidul. Praktikan mengajar mata pelajaran Seni Musik di kelas 8A, 8C, dan 8E. Dalam praktek mengajar yang dilakukan, praktikan banyak berinteraksi dan berkomunikasi secara langsung dengan siswa. Ruang kelas yang digunakan yaitu ruang kelas masing-masing, yaitu 8A, 8C, dan 8E. Alat-alat musik yang digunakan dalam mengajar juga beragam, mulai dari gitar, keyboard, alat-alat musik keroncong, recorder dan pianika. Terdapat juga program ekskul musik, pelatihan upacara dan paduan suara untuk siswa. Dari program PPL tersebut, banyak hal yang didapatkan oleh mahasiswa praktikan antara lain pengalaman langsung menjadi guru, cara berinteraksi dengan siswa dan guru serta staf di sekolah dan meningkatkan mentalitas guru profesional. Siswa-siswa melalui program yang dilaksanakan mahasiswa praktikan juga menjadi lebih mengerti tentang musik sesuai yang diajarkan, termasuk mempelajari instrumen-instrumen musik, dan teori serta ilmu bermusik yang lain. Mahasiswa juga memperoleh pemahaman dan pengalaman mengenai proses pembelajaran dan pendidikan di SMP N 4 Wonosari, tentang cara berfikir dan bekerja sebagai guru untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 08 Jun 2016 02:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34080

Actions (login required)

View Item View Item