KETAHANAN PANGAN LOKAL MELALUI PROGRAM PERCEPATAN PENGANEKARAGAMAN KONSUMSI PANGAN DI DESA SUKOHARJO KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN

Wijanto, Winda Fanisca (2016) KETAHANAN PANGAN LOKAL MELALUI PROGRAM PERCEPATAN PENGANEKARAGAMAN KONSUMSI PANGAN DI DESA SUKOHARJO KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, FIS.

[img] Other (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12417141024.swf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami pencapaian ketahanan pangan lokal melalui program Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) di Desa Sukoharjo Kecamatan Ngaglik dan faktor yang mempengaruhinya. Desain penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif dengan kerangka sistem ketahanan pangan menurut Dewan Ketahanan Pangan (2006). Informan penelitian adalah pihak-pihak yang berperan dalam pelaksanaan P2KP di Desa Sukoharjo. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif model Milles dan Huberman dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan metode. Dengan menggunaakan teori implementasi program menurut George C. Edwards III dan kerangka ketahanan pangan Dewan Ketahanan Pangan (2006), hasil penelitian menunjukkan bahwa program P2KP di Desa Sukoharjo dari aspek komunikasi masih terhambat pada konsistensi perintah yang diberikan, dari aspek sumber daya sudah mampu berjalan dengan baik dengan adanya sumber daya finansial, dari aspek disposisi sikap implemetor sudah baik melalui serangkaian upaya perwujudan ketahanan lokal di Desa Sukoharjo, dan pada aspek struktur birokrasi sudah tersusun dengan jelas dan hierarkis. Faktor pendorong berasal dari kesamaan profesi, sarana prasarana yang tersedia serta kemudahan akses untuk menjangkau bahan pangan. Hambatan yang muncul berasal dari kurangnya peran aktif anggota KWT, pola kebiasaan masyarakat, keterbukaan anggaran dana, dan pendistribusian hasil MP3L.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 08 Jun 2016 01:10
Last Modified: 30 Jan 2019 09:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34049

Actions (login required)

View Item View Item