LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS-12 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMK YAPPI WONOSARI

Jamaluddin, Jamaluddin (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS-12 SEPTEMBER 2015 LOKASI SMK YAPPI WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (346kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/ Magang III merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga kependidikan. Tujuan yang ingin dicapai dari program tersebut adalah untuk memberikan pengalaman belajar bagimahasiswa terutama dalam hal mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan ketrampilan, kemandirian, tanggungjawab dan kemampuan untuk memecahkan masalah. Dalam kesempatan ini PPL dilaksanakan di SNK YAPPI Wonosari selama kuranglebih satubulan yaitu selama tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. SMK YAPPI Wonosari secara geografis terletak di Gunungkudul, tepatnya di Bansari, Kepek, Wonosari, Gunungkidul. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini adalah matakuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Berdasarkan observasi yang telah dilaksanakan penyusun dapat merencanakan program PPL yang akan dilaksanakan meliputi: persiapan PPL, persiaan dan pembuatan silabus, persiapan dan pembuatan RPP, pembuatan media pembelajaran, praktik mengajar, serta evaluasi. Semua program tersebut secra garis besar telah terlaksana. Program PPL yang telah dilakukan dibawah Bapak Setyadi Gunawan S.T. adalah praktik mengajar, membuat silabus dan RPP, pembuatan admnistrasi guru dan peilaian. Praktik mengajar dimulai pada tanggal 11 Agustus sampai 11 September. Selama praktik mengajar penulis mengajar 2 kelas yaitu kelas X TOI dan XI TOI dengan 5 mata pelajaran yaitu menganalisis rangkaian listrik, menggunakan hasil pengukuran, mengoprasikan sistem kedali elektropneumatik, mengoprasikan PLC dan mengoprasikan sistem sensor/transducer. Pokok bahasan yang diajarkan meliputi hukum OHM, hukum Kirchoff I dan II, rangkaian seri paralel, mendiskripsikan konsep pengukuran besaran listrik, memahami operasi sistem kendali elektropneumatic, operasional berbagai jenis sensor/tranducer, memahami operasional PLC. Dalam mengajar metode yang digunakan yaitu metode ceramah, tanya jawab, video dan diskusi. Media yang digunakan adalah laptop, LCD dan buku ajar. Ulangan dilaksanakan setelah selesai satu kompetensi dasar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan PPL, SMK YAPPI Wonosari
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Jun 2016 06:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34026

Actions (login required)

View Item View Item