LAPORAN INDIVIDU PRATIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SMP N 1 WONOSARI

Karina Syahrul Hudda, Karina Syahrul Hudda (2015) LAPORAN INDIVIDU PRATIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) SMP N 1 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Halaman Pengesahan-Abstrak.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I,II, III.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) merupakan salah satu langkah yang dilaukan oleh Universitas untuk mempersiapkan tenaga pendidik yang berkualitas, berkompetensi, berpengalaman, bertanggung jawab dan mandiri. Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) ialah salah satu mata kuliah wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi kependidikan. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan, maupun keahlian lainnya, sehingga dapat membangun tugas dan tanggung jawab secara professional. Dalam hal ini, PPL secara khusus memberi gambaran kepada mahasiswa bagaimana cara menyampaikan materi kepada peserta didik dengan metode dan model pembelajaran yang sesuai. Program PPL merupakan kelanjutan dari program mikro teaching. Melalui program PPL ini diharapkan mahasiswa calon pendidik dapat belajar dari pengalaman yang didapatkan di lapangan dan mampu mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di dalamnya. Kegiatan PPL sangat membantu mahasiswa untuk belajar, memperoleh pengalaman mengajar secara nyata di lapangan, untuk mempersiapkan diri nantinya ketika menjadi guru. Program Praktik Pengalaman Lapangan ini, dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus 2015 hingga 12 September 2015 di SMP N 1 Wonosari. SMP Negeri 1 Wonosari terletak di Jalan Kolonel Sugiyono 35 B, Wonosari, Gunungkidul, DIY. Tahap kegiatan dimulai dari observasi sekolah dan observasi pembelajaran di kelas, perencanaan program, konsultasi program ke pihak sekolah dan Dosen Pembimbing Lapangan. Kegiatan PPL berupa kegiatan belajar mengajar sesuai dengan bidang studi masing-masing meliputi membuat RPP, menentukan metode, membuat perangkat pembelajaran, mengajar, hingga membuat evaluasi atau penilaian yang sesuai dengan kurikulum 2013. Dalam praktik mengajar, penulis mengampu mata pelajaran IPA. Mata pelajaran IPA memiliki alokasi waktu 5 jam setiap minggunya. Dalam praktiknya, penulis melakukan aktivitas belajar mengajar atau mengampu mata pelajaran IPA di kelas VII, terutama kelas VII E, VII F, VII G dan VII H. Dalam pelaksanaan program PPL ini mahasiswa mendapat banyak pengalaman langsung dan pengetahuan dalam hal kependidikan yang akan dijadikan bekal dan beguna di kemudian hari. Selain itu, penulis lebih mengetahui masalah-masalah rill yang dihadapi di dalam kelas. Setelah terlaksananya kegiatan PPL ini penyusun berharap agar hubungan kejasama antara pihak sekolah dan LPPMP UNY tetap terjaga dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP N 1 Wonosari
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 07 Jun 2016 02:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33982

Actions (login required)

View Item View Item