Pengembangan Instrumen Penilaian Peserta Didik Aspek Afektif dan Psikomotorik pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Mata Pelajaran Fisika SMA

Chintya, G. Dona (2016) Pengembangan Instrumen Penilaian Peserta Didik Aspek Afektif dan Psikomotorik pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Mata Pelajaran Fisika SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan instrumen penilaian ranah afektif dan psikomotorik yang layak digunakan untuk pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi Hukum Newton Fisika SMA kelas X. (2) Mengetahui hasil penilaian kompetensi afektif dan psikomotorik peserta didik selama pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi Hukum Newton Fisika kelas X menggunakan instrumen penilaian yang dikembangkan dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D menurut Thiagarajan dan Semmel (1974: 5). Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan dengan membuat rancangan awal instrumen penilaian aspek afektif dan psikomotorik untuk pembelajaran kooperati Jigsaw beserta perangkat pembelajarannya. Tahap develope dilakukan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dan intrumen penilaian yang sudah divalidasi, pelaksanaan uji terbatas, serta uji coba operasional. Produk instrumen penilaian afektif dan psikomotorik yang dikembangkan diujicoba di SMA N 1 Jetis Bantul dengan 1 kelas uji coba terbatas dan 2 kelas uji coba operasional. Tahap disseminate dilakukan dengan menyebarkan instrumen penilaian afektif dan psikomotorik untuk pembelajaran kooperatif Jigsaw dalam skala yang sempit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Instrumen penilaian aspek afektif dan psikomotorik layak digunakan dalam pembelajaran kooperatif Jigsaw. Nilai CVI (Content Validity Index) lembar observasi afektif dan psikomotorik bernilai 1 (sangat baik). Butir-butir pernyataan pada lembar observasi afektif dan psikomotorik memiiki nilai ICC ≥ 0.75 dengan kategori istimewa, (2) Ketuntasan kompetensi afektif peserta didik SMA N 1 Jetis Bantul selama pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi Hukum Newton diperoleh untuk kelas X MIA 2 memiliki sikap 25% sangat baik dan 75% baik. Begitu pula untuk peserta didik kelas X MIA 4 memiliki sikap 81% sangat baik dan 19% baik. Sedangkanh hasil penilaian kompetensi psikomotorik peserta didik SMA N 1 Jetis Bantul berdasarkan lembar observasi psikomotorik diperoleh untuk kelas X MIA 2 memiliki kompetensi psikomotorik 100% baik. Begitu pula untuk peserta didik kelas X MIA 4 memiliki kompetensi psikomotorik 19% sangat baik dan 81% baik. Kata Kunci: Instrumen penilaian, afektif, psikomotorik, Kooperatif, Jigsaw.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 07 Jun 2016 02:08
Last Modified: 01 Feb 2019 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33968

Actions (login required)

View Item View Item