PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA SESUAI NATURE OF PHYSICS PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS

Nurrudin, Chamim (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA SESUAI NATURE OF PHYSICS PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model Direct Instruction yang layak untuk meningkatkan hasil belajar aspek kognitif serta pencapaian aspek afektif dan psikomotor peserta didik sesuai Nature of Physics serta untuk mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran fisika model Direct Instruction untuk meningkatkan hasil belajar hasil belajar aspek kognitif serta pencapaian aspek afektif dan psikomotor peserta didik sesuai Nature of Physics. Perangkat pembelajaran ini disusun dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development) model 4D. Pengambilan data penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Sanden terhadap peserta didik kelas X semester I. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, LKPD, instrumen penilaian aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Produk awal perangkat pembelajaran divalidasi oleh dua validator ahli dan satu validator praktisi. Setelah melewati tahap validasi maka perangkat pembelajaran yang sudah direvisi diujicoba secara terbatas pada peserta didik. Hasil ujicoba terbatas dimaksudkan untuk mengetahui reliabilitas tes dan instrumen yang telah dirancang. Tahap selanjutnya yaitu revisi kedua dan dilanjutkan dengan tahap uji coba luas. Uji coba luas digunakan untuk memperoleh nilai pretest dan postest yang selanjutnya dianalisis untuk menentukan nilai standard gain. Telah dihasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD, instrumen penilaian aspek kognitif, afektif, dan psikomotor dengan kategori sangat baik sehingga layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dan pencapaian aspek afektif dan psikomotor peserta didik sesuai Nature of Physics. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dengan nilai standard gain sebesar 0,61 dalam kategori sedang. Pencapaian aspek afektif dan psikomotor peserta didik dalam kategori sangat baik. Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Direct Instruction, Nature of Physics

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 07 Jun 2016 02:00
Last Modified: 01 Feb 2019 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33958

Actions (login required)

View Item View Item