Azza Ismu, Annisa (2016) Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan High Order Thinking pada Mata Pelajaran Fisika Peserta Didik Kelas X MAN Yogyakarta 3. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (688kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika aspek kognitif peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model cooperative learning tipe Think Pair Share (TPS) dan model direct instructional, dan (2) Mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika aspek kognitif peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model cooperative learning tipe Think Pair Share (TPS) dan model direct instructional. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental, dengan desain penelitian pretest-posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN Yogyakarta 3. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Nonprobability Purposive Sampling yang terdiri atas 30 peserta didik kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas X IPA 5 sebagai kelas kontrol, teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes (pretest dan posttest). Teknik pengujian instrumen menggunakan program analisis butir QUEST dan teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji Normalitas dan uji Homogenitas. Sedangkan teknik pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t test dan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi menggunakan rerata standart gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi antara pembelajaran menggunakan model cooperative learning tipe Think Pair Share dengan model direct instructional. Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi dibandingkan dengan model direct instructional. (2) Berdasarkan rerata standar gain, peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika aspek kognitif peserta didik yang menggunakan model cooperative learning tipe Think Pair Share lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model direct instructional, sehingga bisa dikatakan terdapat perbedaan peningkatan yang cukup signifikan. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat tinggi, Think Pair Share, dan Direct Instructional.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Admin Fisika FMIPA |
Date Deposited: | 07 Jun 2016 02:00 |
Last Modified: | 01 Feb 2019 02:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33956 |
Actions (login required)
View Item |