Akhmad Rofiq Alwani, Akhmad Rofiq Alwani (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 1 PURWOREJO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
LAPORAN INDIVIDU PPL UNY 2015_AKHMAD ROFIQ ALWANI_12405241016.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu usaha dalam ppeningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan pendidikan. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan memecahkan masalah. Kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Purworejo selama kurang lebih satu bulan terhitung tanggal 10 Agustus-12 September 2015. Kegiatan PPL yang dilaksanakan mencakup pengenalan kegiatan di sekolah dan terjun langsung dalam kegiatan belajar mengajar maupun administrasi sekolah. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan langsung kedalam lingkungan pendidikan. Selain kolikuler, mahasiswa PPL juga mendapat pengalaman untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler dan kegiatan sekolah lainnya, seperti persiapan lomba karnaval dan sekolah adiwiyata, penanaman tanaman vertikultura dan kegiatan piket guru. Beberapa program PPL yang direncanakan dan telah dilaksanakan yaitu konsultasi dengan guru pembimbing, konsultasi dengan dosen pembimbing PPL, membuat perangkat pembelajaran (Silabus dan RPP), mencari bahan untuk mengajar, kegiatan pembelajaran, membuat soal ulangan harian, mengoreksi ulangan harian, memasukkan nilai ulangan harian, pembuatan media pembelajaran, pembuatan administrasi guru dan pembuatan laporan PPL. Pada kegiatan PPL ini mahasiswa mengampu kegiatan pembelajaran Geografi di kelas X MIA 1, X MIA 2, X MIA 3, dan X MIA 4. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Purworejo, mahasiswa mendapatkan pengalaman langsng secara nyata berkaitan dengan perencanaan dan pembuatan perangkat pembelajaran, kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas serta kegiatan sekolah lainnya. Sehingga, mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu yang telah diperoleh dan dimiliki sesuai dengan prodi masing-masing.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, SMA Negeri 1 Purworejo, Mengajar. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 06 Jun 2016 04:19 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33921 |
Actions (login required)
View Item |