LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) GUNUNGKIDUL

Eka Puspitasari, Eka Puspitasari (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) GUNUNGKIDUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN EKA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. PPL mempunyai sasaran dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. Dengan adanya PPL, diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan memecahkan masalah. Kegiatan PPL ini penulis laksanakan di UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gunungkidul. Penyusunan program rencana kerja dimulai dari tahapan observasi wilayah instansi UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gunungkidul. Observasi dilakukan dengan metode wawancara dan melihat langsung aktivitas kegiatan di SKB Gunungkidul. Berdasarkan hasil observasi tersebut kemudian ditentukan program kerja yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di SKB Gunungkidul. Dalam program PPL ini, mahasiswa dituntut untuk dapat merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi program. Pembelajaran di SKB Gunungkidul tidak hanya dilaksanakan di lingkup SKB saja, tetapi seluruh wilayah yang termasuk Kabupaten Gunungkidul. Selain melakukan observasi di SKB, observasi juga dilaksanakan di Paliyan khususnya Dusun Trowono. Dusun Trowono dijadikan sasaran untuk melaksanakan beberapa program PPL. Dari hasil observasi tersebut, maka disusunlah suatu program utama yaitu pembelajaran usaha kreatif melalui pemafaatan limbah melalui pelatihan bros dari kain perca. Program penunjang yaitu pembelajaran PAUD, gerakan gemar membaca, dan pembelajaran kesetaraan. Program pelatihan bros dilaksanakan di Dusun Trowono, ibu-ibu sangat tertarik mengikuti pelatihan dan ingin mengembangkan usaha bros. Pembelajaran PAUD dilaksanakan untuk mengetahui proses pembelajaran PAUD serta pegondisian kelas. Gerakan Gemar Membaca memberikan dampak positif bagi anak-anak untuk gemar membaca sejak dini. Pembelajaran kesetaraan memberikan pengalaman kepada mahasiswa PPL dalam proses pembelajaran kesetaraan serta pengelolaan kelas selama pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Mahasiswa, Program
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Jun 2016 03:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33907

Actions (login required)

View Item View Item