LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) GUNUNGKIDUL

Apriliyani Dwi Saputri, Apriliyani Dwi Saputri (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPT SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) GUNUNGKIDUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Apriliyani Dwi Saputri 12102241027.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga pendidikan. PPL mempinyai sasaran dalam kegiatan yang terkait dengan pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. PPL diharapkan mampu memberi pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal kemampuan mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperluakan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandrian, tanggung jawab dan kemampuan memecahkan masalah. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada waktu hari kerja Pada Tanggal 10 Agustus sampai dengan 11 september 2015 di UPT Sanggar Kegiatan Belajara (SKB) Kabupaten Gunungkidul. Penyususnan program rencana kerja dimulai tahap observasi wilayah instansi UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gunungkidul. Observasi dilakukan dengan metode wawancara dan melihat langsung aktivitas kegiatan di SKB Gunungkidul. Berdasarkan hasil observasi tersebut kemudian ditentukan program kerja yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran kegiatan di SKB Gunungkidul. Dalam program PPL ini, mahasiswa dituntut untuk dapat merencanakan, melaksanakan, serta mengevaluasi program. Tersusunlah program uatama yaitu Parenting, Pembelajaran PAUD, Pemebelajaran Kesetaraan, Pembelajaran Diklat Tutor Keaksaraan Dasar, Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Sucess Story, Gerakan Gemar Sinau (GGS), Dan Program Tambahannya Yaitu Penyususnan Program, Koordinasi Pada Pamong, Apel Pagi, Pembelajaran Horikultura, Peringatan Hari Kemerdekaan, Bimbingan DPL, Pengelolaan Sirkulasi Perpustakaan, Penyusunan laporan dan FGD Web E-Learning. Dari hasil observasi tersebut, pembelajaran di UPT SKB Gunungkidul tidak hanaya di lingkup SKB saja, tetapi seluruh wilayah yang termasuk Kabupaten Gunungkidul. Selain melakukan observasi di SKB, juga dapat diobservasi di daerah Paliyan, Gunungkidul. Dalam pembelajaran PAUD; Kesetaraan paket A,B dan C; Pembuatan video motivasi melalui success story berjalan dengan baik karena sesuai perencanaan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Mahasiswa, Program, Lembaga
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 06 Jun 2016 03:45
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33896

Actions (login required)

View Item View Item