LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) GUNUNGKIDUL

Abdul Rohman Nurfaal, Abdul Rohman Nurfaal (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) GUNUNGKIDUL. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
laporan-faal-super-lengkap-END.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta(UNY) dilaksanakan pada semester khusus tahun akademik 2014/2015 dilaksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gunungkidul dari 10 Agustus hingga 11 September 2015. PPL UNY merupakan bentuk pengabdian perguruan tinggi kepada instansi pemerintah maupun sekolah-sekolah formal melalui peran mahasiswa yang terjun langsung untuk mengabdi kepada masyarakat, dengan memberdayakan warga belajar maupun pihak lain seperti wali murid dan mengikuti kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan non mengajar di lapangan yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat dan warga belajar, mampu mengembangkan kreativitas dan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam merencakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan serta memetik hikmah dalam setiap kegiatan. Penyusunan program rencana kerja dimulai dari tahapan observasi dan identifikasi masalah di SKB Gunungkidul. Observasi dan identifikasi masalahdilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi dan mengamati kondisi lapangan aktivitas kegiatan di SKB Gunungkidul khususnya di bagian PAUD (Pendidikam Anak Usia dini) Handayani dan PAUD Pratama, program kesetaraan kejar paket C di SKB Gunungkidul dan di Dusun Trowono, Kecematan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul. Berdasarkan hasil observasi dan identfikasi masalah yang diperoleh, maka dirumuskanlah program kerja utama yaitu pembelajaran paket C di SKB dan LAPAS (Lembaga Pemasyarakatan) Anak, Pembelajaran dan pembuatan media PAUD Handayani dan PAUD Pratama, pendampingan tutor keaksaraan dasar, pembuatan media pembelajaran video success story, gerakan gemar sinau (GGS) dan keaksaraan usaha mandiri tanaman obat keluarga (KUM TOGA) di Dusun Trowono. Program KUM TOGAyang mendapat permintaandari warga untuk diadakan lagi, dengan semangat dan permintaan warga, penulis dan kawan-kawan memenuhi permintaan tersebut, hasil dari program tersebut yaitu warga belajar telah memahami teknis pemubuatan jahe instan dan rencana usahanya. Hasil dari program lain, seperti pembuatan media PAUD yaitu media yang siap digunakan dalam pembelajaran. Pembelajaran PAUD,program GGS dan pembejaran paket C menjadikan anak-anak/warga belajar semakin aktif, menambahnya pengetahuan baru. Hasil program pendampingan tutorkeaksaraandasar yaitu menjembatani warga belajar dalam akses pembelajaran. Program pembuatan media pembelajaran video success story menghasilkan video pembelajaran.Agar hasil program menjadi lebih optimal lagi maka perlu membangun kerjasama yang lebih erat antara mahasiswa PPL, warga belajar, dan pihak lembaga. Serta senantiasa untuk meningkatkan kemampuan diri sebagai seorang calon pendidik maupun pengelola, pendidik SKB dan warga belajar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, SKB Gunungkidul, PPL UNY, Program
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 06 Jun 2016 03:33
Last Modified: 06 Jun 2016 03:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33890

Actions (login required)

View Item View Item