KESESUAIAN APLIKASI TEKNOLOGI DI UPT LOGAM, CV. TUNAS KARYA, DAN PT. DHEAWINA TEKNO SEBAGAI TEMPAT PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FT UNY

Adhi, Tri Setion (2016) KESESUAIAN APLIKASI TEKNOLOGI DI UPT LOGAM, CV. TUNAS KARYA, DAN PT. DHEAWINA TEKNO SEBAGAI TEMPAT PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FT UNY. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Laporan Skripsi_Adhi Tri Setiono_11503244013.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

KESESUAIAN APLIKASI TEKNOLOGI DI UPT LOGAM, CV. TUNAS KARYA, DAN PT. DHEAWINA TEKNO SEBAGAI TEMPAT PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FT UNY Oleh: Adhi Tri Setiono NIM. 11503244013 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kondisi, (2) jenis teknologi, (3) tingkat teknologi, dan (4) kesesuaian antara jenis dan tingkat teknologi di UPT Logam, CV. Tunas Karya, dan PT. Dheawina Tekno sebagai tempat pelaksanaan praktik industri dengan kompetensi mahasiswa praktikan PI Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di UPT Logam, CV. Tunas Karya, dan PT. Dheawina Tekno. Sumber data penelitian primer dalam penelitian ini adalah hasil observasi peneliti dan wawancara dengan staf maupun pegawai di Industri. Sumber data penelitian sekunder dalam penelitian ini adalah catatan atau dokumentasi dari pihak industri dan laporan 5 mahasiswa yang pernah melaksanakan praktik industri di UPT Logam, CV. Tunas Karya, dan PT. Dheawina Tekno. Alat bantu instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman telaah dokumen, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ketiga industri tersebut memiliki fasilitas yang memadai, peralatan yang berfungsi dengan baik, dan sistem perawatan yang terstruktur dengan baik, (2) jenis teknologi yang digunakan di ketiga industri meliputi teknologi manual, semi otomatis, dan otomatis, (3) tingkat teknologi yang ada di ketiga industri meliputi teknologi rendah, sedang, dan teknologi tinggi. (4) jenis dan tingkat teknologi yang digunakan di ketiga industri sudah sesuai dengan kompetensi mahasiswa praktikan dan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan, teknologi, dan wawasan kewirausahaan bagi mahasiswa praktikan Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY. Kata kunci: kesesuaian, teknologi, praktik industri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT UNY
Date Deposited: 06 Jun 2016 01:17
Last Modified: 06 Jun 2016 01:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33863

Actions (login required)

View Item View Item