PENGARUH PEMBERIAN DAILY CHEM QUIZ PADA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA N 1 PLERET TAHUN AJARAN 2015/ 2016

Asrifatun N, Ulfa (2016) PENGARUH PEMBERIAN DAILY CHEM QUIZ PADA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA N 1 PLERET TAHUN AJARAN 2015/ 2016. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img] Text
Abstrak, Daftar Pustaka.docx

Download (56kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan antara motivasi belajar kimia siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan diberikan Daily Chem Quiz, (2) peningkatan aspek-aspek motivasi belajar kimia siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan Daily Chem Quiz, (3) perbedaan prestasi belajar kimia yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan diberikan Daily Chem Quiz dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa diberikan Daily Chem Quiz, dan (4) pendapat siswa terhadap pemberian Daily Chem Quiz. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan desain satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Pleret. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kelas kontrol (XA) dan kelas eksperimen (XC) diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini terdirri dari RPP, soal Daily Chem Quiz, angket motivasi belajar, soal prestasi belajar kimia, dan angket pendapat siswa. Uji prasyarat hipotesis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Data dianalisis menggunakan uji–t, uji anakova, dan uji deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan diberikan Daily Chem Quiz; (2) terdapat peningkatan pada setiap aspek motivasi belajar kimia siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan Daily Chem Quiz; (3) tidak ada perbedaan prestasi belajar kimia yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan diberikan Daily Chem Quiz dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa diberikan Daily Chem Quiz (4) siswa memberikan pendapat yang positif pada pembelajaran dengan Daily Chem Quiz. Kata kunci: motivasi, prestasi, pembelajaran kimia, Daily Chem Quiz

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 03 Jun 2016 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33826

Actions (login required)

View Item View Item