LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO

Afny Ulfa Yuniari, Afny Ulfa Yuniari (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNY DI SMK NEGERI 3 PURWOREJO. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
Laporan PPL Afny Ulfa Yuniari (12513241042).pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Sekolah memiliki peranan penting dalam proses pendidikan nasional. Peranan sekolah tersebut sangat strategis dalam mengantarkan setiap individu untuk menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu program yang dirancang sebagai implementasi pengabdian perguruan tinggi terhadap masyarakat adalah program Praktek Pengalaman (PPL). Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), merupakan suatu upaya untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang merupakan bentuk pembelajaran mahasiswa. Dalam pelaksanaan kegiatan PPL, mahasiswa diberikan tugas untuk mengajar yang disesuaikan dengan bidang keahlian masing-masing yang telah disesuaikan dengan kebijakan yang diberikan oleh sekolah melalui guru pembimbing masing-masing. Kegiatan PPL ini juga bertujuan untuk menyiapkan dan membakali mahasiswa untuk memasuki realita dunia kependidikan dan masyarakat agar mampu menjadi seorang tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang profesional . Kegiatan PPL ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 PURWOREJO, yang beralamatkan di Jalan Kartini No.5 Purworejo. Pelaksanaan PPL dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus - 12 September 2015. Pada saat pelaksanaan PPL secara umum mahasiswa tidak mengalami banyak hambatan yang berarti melainkan pada saat pelaksanaan PPL banyak mendapat pelajaran dan pengalaman untuk menjadi guru yang baik pada masa yang akan datang, dibawah bimbingan guru pembimbing dari sekolah. Salah satu hambatan yang dialami selama pelaksanaan PPLyakni hambatan dalam menyiapkan administrasi pengajaran yakni disebabkan karena praktikan baru mengenal asministrasi guru sehingga perlu pembelajaran serta adaptasi pada saat persiapan dan penggunaannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, Pembelajaran, Pelaksanaan.
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 03 Jun 2016 06:48
Last Modified: 03 Jun 2016 06:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33815

Actions (login required)

View Item View Item