Maria Sandriana Nara, Maria Sandriana Nara LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMA NEGERI 2 WONOSARI. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, DAFTAR ISI, DAN ABSTRAK pdf.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
ISI LAPORAN 1,2,3 + lampiran.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan adalah melatih mahasiswa dalam rangka menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian masingmasing. Sehingga mahasiswa memiliki pengalaman menjadi pendidik yang professional dalam nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai bekal dirinya dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki. Kegiatan ini wajib dilaksanakn oleh mahasiswa. Hal tersebut merupakan garis besar dari program PPL yang merupakan implementasi salah satu butir Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran. Pelaksanaan PPL dilakukan pada tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015 bertempat di SMAN 2 Wonosari yang beralamat di Jl. Ki Ageng Giring, no 3. Wonosari, Gunungkidul. Kegiatan PPL ini melaksanakan program-program kegiatan dengan ketrampilan yang dimiliki oleh mahasiswa yang diperoleh selama berada di perguruan tinggi dan didukung kondisi lingkungan warga sekolah. Sebelum memulai untuk melakukan kegiatan mengajar, terlebih dahulu mahasiswa melakukan persiapan dengan mengikuti mata kuliah wajib lulus yaitu pengajaran mikro, pembekalan PPL dan observasi untuk memperoleh data yang diperlukan untuk menyusun program kerja. Dari hasil observasi diketahui beberapa permasalahan di sekolah maupun potensi yang sebenarnya dapat dikembangkan di sekolah tetapi belum diberdayakan serta dapat mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan program PPL. Berdasarkan hasil observasi, maka mahasiswa merencanakan beberapa program yang dilaksanakan selama PPL. Program PPL yaitu konsultasi dengan guru pembimbing, konsultasi dengan dosen pembimbing PPL, membuat perangkat pembelajaran (penyusunan peta kompetensi, peta konsep, RPP), mencari bahan untuk mengajar, mengajar, pembuatan media, dan pembuatan laporan, dan administrasi guru. Hasil yang diperoleh selama PPL adalah bahwa mahasiswa telah mendapatkan pengetahuan terpadu antara teori dengan praktik yang sangat bermanfaat. Selain pengalaman mengajar, mahasiswa juga memperoleh pengalaman yang berkaitan dengan tugas guru di sekolah.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, SMAN 2 Wonosari |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 03 Jun 2016 02:55 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 12:09 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33756 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |