PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN JURUSAN PENDIDIKAN LUAR BIASA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SLB A YAAT

Septa Kurnia Dewi, Septa Kurnia Dewi (2015) PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN JURUSAN PENDIDIKAN LUAR BIASA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA LOKASI SLB A YAAT. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Septa Kurnia Dewi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik pengalaman Lapangan atau PPL adalah kegiatan yang diwajibkan bagi mahasiswa UNY sebagai salah satu syarat untuk lulus dari UNY. PPL sangat berguna bagi mahasiswa, agar kelak dapat memiliki pandangan tentang lapangan pekerjaan yang akan dijalaninya. Pada PPL kali ini mahasiswa jurusan PLB mendapat lokasi PPL di SLB A YAAT yang ada di klaten. Sekolah khusus untuk anak-anak yang memiliki hambatan penglihatan. Keterbatasan yang dimiliki anak-anak tunanetra ini membuat seorang guru harus memiliki cara atau metode yang tepat dalam memberikan pembelajaran bagi mereka. Konsep modifikasi sangat diperlukan dalam pembelajaran untuk anak-anak tunanetra, agar penyampaian informasi dapat diterima sesuai dengan kaidahnya. Kegiatan praktik yang dilakukan yaitu sebanyak 6 kali, dengan 4 kali mengajar terbimbing, dan 2 kali mengajar mandiri. Sebelum melakukan pembelajaran, mahasiswa diharuskan untuk membuat RPP, dengan melakukan asesmen terhadap siswa yang akan di beri pembelajaran agar mengetahui karakteristik yang dimiliki oleh siswa, dan dapat menentukan media ataupun metode yang tepat untuk pengajaran siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, modifikasi, RPP
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2016 07:33
Last Modified: 01 Oct 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33734

Actions (login required)

View Item View Item