LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi SMA Negeri 3 Klaten Jl. Mayor Sunaryo, Jonggrangan, Klaten Utara, Klaten Telp (0272) 321885

Mayta Grand Purwaningsih, Mayta Grand Purwaningsih (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Lokasi SMA Negeri 3 Klaten Jl. Mayor Sunaryo, Jonggrangan, Klaten Utara, Klaten Telp (0272) 321885. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Mayta Grand Purwaningsih_10204241027.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta program S1 kependidikan. PPL dilaksanakan disebuah sekolah maupun lembaga sesuai dengan masing-masing jurusan. Bobot mata kuliah ini yaitu 3 SKS. Dengan adanya PPL mahasiswa dapat mempelajari dan memperoleh pengetahuan maupun pengalaman dalam bidang pembelajaran di sekolah. Program PPL ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Klaten yang beralamatkan di Jl. Mayor Sunaryo, Jonggrangan, Klaten Utara, Klaten. Kegiatan PPL ini dimulai tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain; observasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan sebelum kegiatan PPL dimulai, pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan media pembelajaran, konsultasi kepada guru pembimbing, proses mengajar di kelas, dan evaluasi oleh guru pembimbing. Adapun materi yang diajarkan selama PPL yaitu; Adjectif possessif et verbe –er, verbe –ir, Posser de Questions, Adjectif qualivikatif, Dècrire une Maison, L’article Indefini, dan Preposition. Untuk kegiatan mengajar bahasa Perancis, hanya terdapat di kelas XI SOS 1, XI SOS 2, dan XI SOS 3. Sehingga mahasiswa PPL jurusan bahasa Perancis mendapatkan kesempatan mengajar dikelas tersebut secara bergulir. Adapun jadwalnya pada hari Senin jam 1-2, 5-6, 7-8 dan Rabu, jam 5-6, 7-8, 9-10. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa dapat menerapkan ilmu, kreatifitas, dan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa kependidikan. Selain itu, dengan adanya kegiatan PPL ini mahasiswa juga mendapatkan pengalaman dan pembelajaran yang sangat bermanfaat terutama dalam hal mendidik. Kegiatan ini membantu mahasiswa untuk belajar bekerja secara interdisipliner, dan penuh tanggung jawab.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 02 Jun 2016 05:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/33708

Actions (login required)

View Item View Item